Cara Mengolah dan Menyimpan Olahan Daging Ayam

Daging ayam adalah olahan makanan yang umum di rumah. Daging ayam tersegar adalah daging ayam yang baru dipotong dan dicabuti bulunya di pasar tradisional. Namun kita tak selalu punya keleluasaan waktu untuk datang ke pasar memilih ayam hidup untuk dipotong hari itu juga. Dan pilihan kita pada umumnya adalah daging ayam potong yang juga tersedia di pasar atau di supermarket dekat rumah.

Menghilangkan Bau Amis Pada Daging Ayam Potong

Cara Menghilangkan Bau Anyir Daging Ayam

Cara 1:

Lumuri daging ayam dengan air jeruk lemon, atau cuka dan bila perlu tambahkan bumbu kaldu penyedap. Diamkan selama 30 menit – 1 jam. Dengan cara ini bau amis pada ayam akan hilang.

Cara 2:

Namun bila aroma daging ayam potong yang biasanya adalah jenis ayam ras/broiler masih tercium tajam dan khas, maka lakukan hal berikut. Untuk tiap 1 kg daging ayam potong, lumuri dengan 1 siung bawang putih dan 1 iris jahe yang sudah dihaluskan. Lalu diamkan minimal selama 30 menit, lalu tiriskan sisa air bila ada dan olah sesuai selera.

Tips Lainnya :   Cara Menggoreng yang Tepat dan Tips Menyimpan Minyak Goreng Bekas

Cara 3:

Setelah daging ayam dipotong-potong dan dicuci bersih, taburkan tepung terigu di atas daging ayam hingga merata. Diamkan selama 10 menit, kemudian cuci bersih dengan air mengalir. Daging ayam sudah bisa diolah tanpa mengeluarkan bau anyir yang mengganggu.

Tips Memasak Brutu Ayam Agar Tidak Amis

Buat sebagian orang, brutu ayam adalah bagian dari ayam yang paling disukai. Namun brutu ayam adalah bagian ayam yang sering kali menguarkan bau amis yang sangat mengganggu. Untuk mengatasi bau amis dari brutu ayam ini, cobalah cara berikut ini:

Belah brutu ayam tepat di bagian tengah. Lalu temukan cairan berwarna kekuningan pada bagian belahan si penyebab bau amis ini. Buang bagian tersebut lalu cuci bersih. Brutu ayam sudah bisa dimasak sesuai dengan selera.

Tips Lainnya :   Cara Memilih Kentang

Tips Menggoreng Ayam Potong

1. Gunakan Api Kecil

Saat menggoreng ayam, pastikan menggunakan api kecil agar ayam bisa matang merata sampai ke bagian dalam dan bumbu akan semakin terasa.

2. Variasi Ayam Goreng Tepung

Untuk mendapatkan ayam goreng tepung dengan rasa gurih, kita bisa menggunakan bubuk bawang putih atau bila ada kelebihan bumbu mie instan, maka ini pun bisa digunakan. Campurkan bubuk bawang putih atau bumbu mie instan ke dalam tepung yang akan digunakan untuk membalur ayam goreng tepung ini. Ayam goreng tepung pun akan terasa lebih gurih dan nikmat.

Menyimpan Masakan Olahan Ayam

Terkadang untuk alasan kepraktisan, kita membeli daging ayam yang sudah diolah menjadi masakan. Bila membeli masakan ayam jadi, belilah dalam kondisi masakan masih panas. Dan sesampainya di rumah, konsumsi dalam 2 jam. Bila ingin disimpan, maka sesampainya di rumah langsung potong-potong menjadi beberapa bagian, lalu masukkan ke dalam kotak yang rapat dan simpan di dalam kulkas. Bila ingin dikonsumsi dalam 3-4 hari, bisa langsung dihangatkan. Lebih dari 4 hari, sebaiknya simpan langsung di dalam freezer.

Tips Lainnya :   Cara Membuat Sate Kambing Yang Empuk dan Tidak Bau Prengus

Sebagian besar masakan olahan ayam bisa dibekukan, tetapi bila masakan tersebut mengandung mayones atau telur rebus sebaiknya tidak disimpan terlalu lama. Secepat mungkin dikonsumsi adalah lebih baik.

Ayam yang telah diberi bumbu bisa disimpan dalam kulkas sehingga 2 hari. Lebih dari itu segera masukkan ke dalam freezer.

Sebelum dimasak, ayam beku perlu dithawing atau dilunakkan terlebih dahulu. Caranya yang terbaik adalah memindahkan ayam beku dari freezer ke kulkas. Ini memang butuh waktu lebih lama, tetapi cara ini adalah yang paling aman dari sisi kesehatan. Cara cepat adalah dengan merendam ayam yang masih terbungkus plastik rapat pada air yang mengalir.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya