Kenali Jenis Sabun Muka yang Cocok untuk Tipe Kulitmu

Membersihkan wajah adalah langkah awal dalam prosedur kulit yang tidak boleh dilewatkan setiap hari. Kulit wajah yang bersih adalah keharusan sebelum kita mengaplikasikan produk kulit lainnya.

Untuk memilih produk kulit wajah, ada beberapa faktor yang mesti kita perhatikan, antara lain: kenali tipe kulit wajahmu apakah tipe kulit kering, tipe kulit berminyak atau tipe kulit kombinasi. Selain tipe kulit, faktor usia dan alergi yang mungkin dialami juga harus diperhatikan dalam memilih produk pembersih wajah.

Produk perawatan kulit pada dasarnya bertujuan untuk membersihkan kulit dari kelebihan dan kotoran sekaligus mempertahankan kelembaban dari lapisan kulit yang teratas yang dikenal sebagai lapisan epidermis.

Tips Lainnya :   Cantik dengan Baking Soda

Salah satu produk pembersih kulit wajah yang umum kita gunakan adalah . Sabun wajah mengandung surfaktan yang bereaksi dengan minyak dan air sehingga kelebihan minyak di daerah wajah dapat dibersihkan. Tetapi salah satu efek samping dari surfaktan ini adalah bisa menimbulkan iritasi dan kekeringan pada kulit. Untuk menghindari situasi ini, pilihlah sabun wajah dengan pH atau kadar keasaman netral yaitu pH 7.

Beberapa tipe sabun wajah yang bisa kita temui di pasaran adalah :

1. Sabun pH Seimbang

Sabun dengan pH seimbang adalah pilihan yang tepat untuk kalian yang memiliki kulit sensitif. Dengan pH yang seimbang, sabun ini sifatnya sangat lembut dan tidak menyebabkan kulit kering dan iritasi namun tetap bisa membersihkan wajah dari kotoran atau pun make up.

Tips Lainnya :   Kenali Bahaya Pengharum Ruangan

2. Sabun Jerawat

Sabun Jerawat sesuai dengan tujuannya yaitu untuk mengobati kulit muka yang berjerawat, mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Sabun jerawat mengandung sulfur dan benzoil peroksida, serta aneka unsur pengelupasan kulit seperti asam salisilat yang memang diperuntukkan untuk mengatasi kulit berjerawat yang cenderung memiliki kelenjar minyak aktif.

3. Sabun Transparan

Sabun transparan mengandung gliserin dan lemak yang dapat membuat kulit wajah lembab dan lebih lembut. Sabun transparan sangat tepat digunakan untuk jenis kulit yang sedikit kering atau cenderung normal.

Tips Lainnya :   Trik Menurunkan Berat Badan

4. Sabun Mengandung Lemak

Sabun ini diperuntukkan untuk kalian yang memiliki kulit sangat kering, karena mengandung lemak seperti minyak lanolin, atau mentega kakao dan zat pelembab lainnya. Untuk kalian yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya tidak menggunakan sabun ini sebab bisa memicu tumbuhnya jerawat, karena adanya sisa minyak yang menyumbat pori-pori wajah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya