Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Bau mulut secara umum disebabkan oleh bakteri mulut yang ada di dalam mulut kita. Bakteri ini hidup dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut, dalam hal ini bisa jadi ada di sela-sela gigi yang kurang dibersihkan atau pun sisa makanan yang masih ada di air liur.

Walaupun kita sudah menyikat gigi kita 2 kali sehari, tapi kadang-kadang ada momen yang membuat mulut kita tiba-tiba mengeluarkan bau tidak sedap. Bau mulut yang tak kunjung hilang walau sudah rajin sikat gigi itu pun tetap tidak hilang, kemungkinan ada kebiasaan buruk yang menyebabkan si bau mulut ini.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap

Beberapa makanan bisa menjadi pencetus bau mulut tak sedap yang signifikan, dan biasanya tak bisa hilang hanya dengan misalnya kumur-kumur air biasa saja. Makanan yang menjadi penyebab bau mulut antara lain:

  1. Bawang putih.
    • Bawang putih sudah  cukup terkenal sebagai penyebab bau mulut. Selain bau mulut, bawang putih juga bisa mempengaruhi bau keringat.
  2. Alkohol.
    • Alkohol dapat menyebabkan kurangnya produksi air liur di dalam mulut. Bakteri di dalam mulut sangat menyukai lingkungan mulut yang kering.
  3. Produk susu.
    • Bila kalian punya kebiasaan minum susu hangat sebelum tidur, biasakanlah paling tidak melakukan kumur-kumur untuk membilas sisa susu yang masih melekat di lidah atau pun gigi kalian. Selain susu, produk susu lainnya seperti keju juga sangat disukai oleh bakteri penyebab bau mulut.
  4. Gula.
    • Bakteri penyebab bau mulut juga menyukai gula sebagai makanannya. Selain bau mulut, gula yang tersisa di dalam mulut pun bisa menyebabkan gigi berlubang.
  5. Rokok.
    • Sama seperti halnya alkohol, rokok bisa menyebabkan mulut menjadi kering. Selain itu, kombinasi zat kimia yang terdapat pada rokok itu bila terkumpul dan melekat di dalam mulut, akan menyebabkan aroma mulut yang tak sedap.
Tips Lainnya :   5 Manfaat Garam untuk Kesehatan Tubuh

Cara utama menjaga agar mulut tetap bersih dan harum adalah dengan secara rutin minimal 2 kali sehari menyikat gigi, dan menggunakan obat kumur untuk memastikan seluruh bagian mulut telah bersih. Atau bila kondisi tidak memungkinkan untuk menyikat gigi karena mungkin sedang dalam perjalanan dan kalian sudah merasakan aroma mulut yang kurang sedap, kalian bisa mengunyah permen karet beraroma mint.

Untuk prosedur menjaga mulut tetap segar selanjutnya adalah dengan selalu meminum satu atau dua gelas air putih setiap kali selesai mengonsumsi makanan apapun. Air putih dapat membilas sisa-sisa makanan yang masih melekat pada gigi. Minum air putih dalam jumlah yang cukup juga memastikan produksi air liur tetap terjaga.

Tips Lainnya :   Review Penggunaan Menstrual Cup - Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Mengatasi Bau Mulut Tak Sedap

Secara ringkas dapat disingkat, tips untuk menjaga aroma mulut tetap segar dan mengatasi bau mulut adalah sebagai berikut:

  1. Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang biasanya membuat mulut beraroma tidak sedap.
  2. Sikat gigi minimal 2 kali sehari. Kalian bisa mencoba melakukan sikat gigi kering, yaitu tanpa berkumur dan tanpa membasahi sikat gigi, lakukan sikat gigi dengan pasta gigi selama 2 menit, setelah itu baru berkumur-kumur untuk membersihkan mulut.
  3. Selain sikat gigi, bersihkan juga
  4. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Mulut yang kering akan mudah sekali menyebarkan aroma tidak sedap.
  5. Tinggalkan kebiasaan merokok.
  6. Lakukan pemeriksaan dan perawatan gini paling tidak dua kali dalam setahun.
  7. Perbanyak konsumsi makanan yang berserat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan segar.
  8. Pada waktu puasa, hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang berminyak pada waktu sahur.
Tips Lainnya :   Cantik dengan Baking Soda

Sementara rempah dan herbal yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut adalah mengonsumsi daun kemangi dan daun mint. Bila ingin membuat obat kumur dengan bahan-bahan natural dapat mencoba resep berikut ini :

Tumbuk sampai halus bahan segar berikut; 5 helai daun kapulaga, 5 helai daun sirih dan 3 kuntum bunga tanjung.  Lalu beri 3 sendok makan air matang. Setelah itu peras dan saring airnya. Masukkan air perasan ini ke dalam gelas dan tambahkan air sampai sekitar seperempat gelas. Gunakan air ini untuk berkumur-kumur setiap selesai makan. Lakukan selama 3 haru berturut-turut dan dapatkan aroma mulut yang segar lagi.

Selamat Mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya