Cara Mudah Membersihkan Blender

adalah salah satu peralatan yang sangat umum dimiliki tiap rumah. Blender digunakan untuk menghaluskan aneka bahan makanan, mulai dari membuat juice atau milkshake sampai dengan menghaluskan bumbu dapur. Namun biasanya kita hanya memiliki satu blender untuk aneka kebutuhan di dapur.

yang sama akan digunakan untuk memblender jus buah dan juga bumbu basah. Sehingga bila Anda tak cukup teliti membersihkan blender anda, aroma dari masing-masing bahan makanan akan tercampur. Selain itu blender kesayangan Anda akan cepat berwarna kecoklatan bila blender tidak dicuci dengan seksama.

Membersihkan memang membutuhkan kesabaran dan ketelitian karena ada komponen blade atau pisau dan karet (seal) dari blender yang seringkali terlupa kita bersihkan. Namun ada cara mudah untuk membersihkan blender Anda.

Cara Cepat Membersihkan

Cara cepat membersihkan blender | cottonbro – pexels

Bagian dalam yang ada pisaunya, bisa dibersihkan tanpa harus mencuci dengan spons. Cara di bawah ini akan membersihkan blender dengan cepat dan bersih, syaratnya hanya satu, bersihkan blender segera setelah digunakan agar tidak ada kotoran yang jadi mengeras dan lengket sehingga metode cuci di bawah ini menjadi tidak cukup efektif untuk membersihkan blender.

Tips Lainnya :   Mengkilapkan Furniture Kayu

1. Cuci dengan

  • Masukkan campuran air hangat dan beberapa tetes sabun pencuci piring ke dalam blender.
  • Tutup blender lalu nyalakan kembali blender tersebut dengan kecepatan tinggi selama beberapa menit. Pastikan bagian bawah blender tidak dalam kondisi basah dan dilakukan di tempat yang kering seperti biasanya Anda menggunakan blender tersebut untuk menghaluskan bahan makanan.
  • Setelah itu, buang bekas air cuciannya, lalu masukkan lagi air bersih dan nyalakan lagi blender untuk membilas sisa sabun yang masih menempel di wadah blender.
  • Setelah itu cabut wadah blender untuk dibilas dengan air keran lalu segera keringkan dengan bersih.
  • Untuk bagian mesin blender, karena tidak bisa dicuci dengan air, maka yang bisa anda lakukan adalah membersihkan dengan lap basah dan dikeringkan dengan lap kering yang bersih.

2. Baking Soda untuk membersihkan blender

  • Masukkan satu sendok makan baking soda ke dalam blender.
  • Lalu masukkan sekitar satu cangkir air hangat, lalu nyalakan blender anda beberapa saat.
  • Baking soda akan mengangkat kotoran lemak yang menempel pada blender anda. Buang air bekas tersebut dan bilas blender anda sampai bersih seperti langkah pembersihan blender di Cara Pertama.
Tips Lainnya :   Tips Merawat Kasur Spring Bed Agar Awet dan Tetap Nyaman

3. Bersihkan blender dengan kelapa

Metode ini bisa dilakukan terutama untuk yang memiliki tipe power blender atau blender dengan daya yang lebih besar dibandingkan blender biasa.

Kita bisa menggunakan bagian dalam kelapa tua yang sudah dibersihkan dari batoknya. Potong-potong seukuran telunjuk, lalu masukkan ke dalam blender dan nyalakan sampai kelapa menjadi hancur.

Setelah hancur, masukkan air dan blender lagi. Buang air kelapa tersebut, lalu ulang masukkan air bersih ke dalam tabung blender, nyalakan mesinnya dan buang kembali airny ulangi sampai tabung blender terlihat bersih. Ohya air ini bisa kita gunakan juga untuk menyiram tanaman ya jadi kita bisa menghemat air.

Keringkan blender dengan meletakkannya terbalik di atas kering yang bersih.

4. Bersihkan Karet Seal Blender

Jangan lupa juga untuk membersihkan karet-karet seal blender seperti yang dimiliki oleh beberapa tipe blender. Cara membersihkannya dengan mengeluarkan karet tersebut lalu dicuci dengan sabun cuci piring, bilas dan keringkan.

Tips Lainnya :   Cara Mudah Membersihkan Noda Lemak pada Pakaian

Cara Menajamkan Pisau Blender

Selain membersihkan bagian dalam, mata pisau blender juga harus diperhatikan. Blender yang sering dipakai, lama-kelamaan mata pisaunya akan menjadi kurang tajam sehingga kita harus memblender dengan waktu lama agar bisa lumat seperti yang kita inginkan.

Pisau blender bisa ditajamkan lagi dengan menggunakan cangkang telur. Gunakan cangkang telur yang sudah dicuci bersih, masukkan ke dalam wadah blender dan jalankan blender. Masukkan air lalu jalankan lagi blendernya selama beberapa saat. Setelah itu air dan cangkang telur bisa kita siramkan ke tanaman karena cangkang telur adalah pupuk alami untuk tanaman.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.