Cara Menghemat Minyak Goreng Saat Memasak

Harga berbahan baku kelapa sawit beberapa waktu lalu sempat naik gila-gilaan membuat antrian panjang dimana-mana. Dan walau pun sekarang harganya sudah mulai berangsur ke harga sebelumnya, ini merupakan pertanda bagi kita untuk berhemat penggunaan minyak goreng. Karena kenaikan harga sebenarnya adalah suatu keniscayaan, jadi membiasakan diri berhemat menggunakan bahan makanan sehari-hari seyogyanya menjadi kebiasaan kita.

Kalau anda termasuk orang yang bisa hidup tanpa minyak goreng, tips ini jelas bukan untuk anda. Pilihan bijaksananya saat harga naik dan barangnya pun menjadi langka, adalah menghentikan mengonsumsi jenis makanan yang harus digoreng. Banyak jenis masakan yang bisa diolah tanpa menggunakan minyak goreng. Tapi bila kita kesulitan untuk menukar kebiasaan makan kita sehari-hari yang mengonsumsi aneka penganan yang mesti digoreng, maka mari kita coba simak tips menghemat penggunaan minyak goreng berikut ini.

Menghemat Pemakaian Baru

1. Ketahui Jenis Makanan yang Wajib Pakai Baru

Makanan yang harus digoreng dengan yang baru antara lain adalah bawang, kerupuk dan kacang. Setelah selesai menggoreng, saringlah minyak yang masih berwarna kuning itu lalu simpan dalam wadah bersih dan tertutup rapat. Anda bisa menggunakan Wadah Saringan Minyak yang terbuat dari stainless steel untuk menyaring sisa makanan yang baru saja digoreng.

Tips Lainnya :   Cara Menyimpan dan Menabung Air Hujan di Rumah

2. Gunakan Api Sedang

Agar tidak boros pemakaian, saat menggoreng gunakan api sedang. Menggoreng dengan api sedang bertujuan agar makanan tidak terlalu banyak menyerap minyak dan juga makanan tidak cepat gosong.

Pastikan terlebih dahulu sudah cukup panas sebelum dimasukkan bahan makanan yang akan digoreng. Cara memastikan minyak goreng sudah panas bisa dengan memasukkan sedikit bahan makanan yang akan digoreng. BIla terlihat sudah panas, maka proses menggoreng bisa dilakukan.

3. Gunakan Wajan Anti Lengket

Untuk kebutuhan menumis atau menggoreng yang sifatnya bukan deep fried atau menggoreng dengan minyak banyak, sebaiknya gunakan wajan anti lengket. Dengan wajan anti lengket, penggunaan minyak cukup sedikit saja. Bahkan bila dilakukan dengan api kecil, banyak makanan yang bisa digoreng tanpa minyak sama sekali.

Selain wajan anti lengket, salah satu alternatif lainnya adalah panci berbahan Iron Cast atau Besi Hitam. Bila panci iron cast sudah sering digunakan, minyak yang melapisi permukaan iron cast itu akan membuat permukaan panci menjadi anti lengket. Dan karena dasar panci iron cast biasanya berbahan besi tebal, maka makanan tidak cepat gosong bila digoreng dengan minyak yang sangat sedikit atau bahkan tanpa minyak.

Tips Lainnya :   Cara Memasak Buah Pepaya Muda dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

4. Pindahkan ke Botol Kecil

Corong kecil pada botol memudahkan kontrol jumlah minyak yang dituang | Cottonbro – Pexels

Dari kemasan pouch atau botol literan, sebaiknya pindahkan ke dalam botol yang memiliki ujung atau tutup kecil seperti pada gambar. Dengan corong yang kecil seperti ini, kita lebih bisa mengatur jumlah minyak yang akan digunakan, dibandingkan bila hanya menggunakan botol dengan tutup biasa.

Cara Gunakan Minyak Goreng Bekas Sekali Pakai

Sisa minyak ini dapat digunakan kembali di hari yang sama untuk menumis sayuran, bumbu masakan atau menggoreng tahu dan tempe. Setelah digunakan, maka minyak goreng yang sudah dua kali dipakai ini bisa disaring lagi.

Minyak goreng yang sudah dipakai dua kali untuk menggoreng ini, masih bisa digunakan terakhir kalinya untuk menggoreng daging atau ikan yang akan digoreng pada saat itu juga. Nah setelah digunakan menggoreng ikan atau ayam, maka akan terlihat minyak goreng berwarna kehitaman dan agak mengental. Minyak goreng yang sudah seperti ini, jangan lagi digunakan dan bisa dibuang atau diolah lebih lanjut sabun minyak jelantah.

Tips Lainnya :   Cara Mengusir Nyamuk di Rumah Secara Alami

Kadang-kadang kita juga menggunakan minyak goreng untuk menggoreng penganan manis seperti donat. Nah sisa minyak yang digunakan untuk menggoreng donat ini bisa disaring dan disimpan di wadah yang rapat. Sisa minyak goreng donat ini, biasanya agak terasa manis. Karena itu gunakan sisa minyak ini untuk menggoreng pisang, atau gorengan lainnya yang memiliki rasa manis.

Minyak goreng hanya boleh digunakan ulang sebanyak maksimal 3 kali, lebih dari itu minyak goreng sudah kehilangan semua manfaatnya dan hanya akan membuat masakan menjadi tidak enak dan tidak sehat.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.