Sunday, March 7#PakaiMasker #StayAtHome

Manfaat & Cara Mengolah Daun Singkong Agar Tidak Pahit

Artikel ini bagian dari 44 dalam serial Manfaat Bahan

Singkong merupakan bahan makanan yang dapat digunakan sebagai sumber energi, karena mengandung banyak karbohidrat juga kaya akan protein. Tanaman ini memiliki banyak manfaat di setiap bagiannya, mulai dari akar, batang dan daunnya. Khususnya , bagian dari tanaman singkong ini juga mempunyai manfaat tersendiri. juga susah-susah gampang karena bila proses pengolahannya kurang tepat daun singkong akan terasa pahit ketika dimasak. 

Berikut tips mengolah serta cara merebus daun singkong agar tidak pahit. Simak juga ulasan lengkap tentang apa saja manfaat daun singkong dalam artikel berikut ini.

Manfaat Daun Singkong

Daun singkong memiliki banyak manfaat yang cukup menyehatkan dan membuat energi kita tetap terjaga selama seharian. Tak tanggung-tanggung, bahkan bahan makanan ini juga ampuh untuk membantu proses diet dan mencegah kanker. Penasaran apa saja manfaatnya? Mari simak macam-macam manfaat daun singkong berikut.

  • Sebagai Sumber Tenaga
    Sumber energi dalam daun singkong berasal dari Asam Amino Esensial, yang memiliki fungsi mengubah karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh untuk beraktivitas.
  • Metabolisme Tubuh
    Selain menjadi sumber energi bagi tubuh, bahan makanan ini juga memiliki protein nabati yang melimpah. Protein nabati mengandung vitamin B yang berfungsi membangun sel-sel dalam tubuh, sel tersebut akan membangun enzim yang berguna untuk membantu proses metabolisme tubuh.
  • Sebagai Sumber Antioksidan
    Sumber Antioksidan berfungsi untuk membuang zat radikal bebas dalam tubuh, yang nantinya dapat mencegah serangan berbagai penyakit, termasuk penyakit kanker. Maka dari itulah, sampai sekarang daun singkong masih menjadi salah satu bahan makanan favorit semua kalangan karena manfaatnya yang sangat beraga.
  • Untuk Diet
    Manfaat daun singkong satu ini pastinya paling dicari oleh banyak orang, karena dapat membantu program diet dengan sehat dan mudah. Hal itu dikarenakan bahan menyehatkan ini memiliki kalori rendah dan kandungan serat juga protein yang tinggi. Namun, bukan berarti hanya mengkonsumsi daun singkong saja dapat membuat diet kamu berhasil, imbangi diet dengan berolahraga secara teratur.
  • Regenerasi Sel Tubuh
    Ketika kamu rutin mengkonsumsi makanan ini, maka bagian dari sel tubuh dapat diperbaiki dengan cepat. Sama halnya sebagai sumber tenaga, Asam Amino Essensial memiliki peran penting untuk menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh. Oleh karena itu, sel-sel yang rusak dapat diperbaiki dengan mengkonsumsinya. Jadi, manfaat daun singkong satu ini cukup menyehatkan bukan?
  • Melancarkan Pencernaan
    Daun singkong mempunyai kandungan serat yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu mengkonsumsi makanan ini dapat membuat usus besar kamu semakin sehat dan terbebas dari penyakit usus misalnya saja sembelit.
  • Sebagai Penambah Darah
    Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit anemia, wajib untuk merasakan manfaat dari daun segar ini. Bahan masakan daun singkong memiliki banyak kandungan zat besi yang akan membantu tubuh dalam pembentukan sel darah merah.
  • Meningkatkan Produksi ASI
    Bagi kalian yang sedangkan memberikan ASI eksklusif daun singkong juga dipercaya untuk meningkatkan produksi air susu ibu. Daun singkong mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan bayi dalam kandungan.
  • Menurunkan Kadar Kolesterol
    Ketika kamu memiliki permasalahan tentang kadar kolesterol jahat dalam tubuh maka olahan daun singkong bisa jadi solusi untuk menurunkannya. Tetapi, ada pantangan yang harus dihindari ketika ingin memperoleh manfaat daun singkong ini, yaitu jangan mencampurnya dengan santan. Hal itu dikarenakan santan malah dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Manfaat daun singkong yang terakhir, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalam bahan masakan tersebut juga berperan penting untuk membangun sumber pertahanan tubuh.

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh ketika mengkonsumsi daun singkong. Selain itu, ketika sering mengkonsumsi daun singkong tersebut secara rutin maka tanpa sadar satu persatu penyakit yang bersarang di tubuh akan lenyap dan badan akan semakin bugar. Setelah mengetahui manfaatnya untuk kesehatan, lalu bagaimana cara mengolah daun singkong yang baik? Mari ikuti cara mengolah daun singkong berikut ini.

Cara Mengolah dan Merebus Daun Singkong

Dalam proses pengolahan daun singkong juga harus diperhatikan. Karena terkadang kebanyakan orang akan mengeluh soal rasanya yang pahit dan belum empuk. Hal itu disebabkan pada proses pengolahan yang kurang sempurna. Maka dari itu agar daun singkong dapat dimasak dengan hasil yang diinginkan, perhatikan cara mengolah daun singkong atau cara merebus daun singkong yang baik berikut ini.

  • Pilihlah Daun Singkong Yang Masih Muda
    Kenapa harus memilih daun singkong muda untuk dijadikan bahan masakan? Tentu karena mempengaruhi rasanya agar tidak terlalu pahit dan cepat empuk. Keuntungannya yaitu proses perebusan yang dibutuhkan menjadi singkat dan warna yang dihasilkan masih terlihat hijau segar.
  • Rebus Dalam Air Mendidih
    Setelah selesai memilih daun singkong, petik setiap tangkainya dan cuci. Pastikan air rebusan sudah mendidih, kemudian rebus sampai matang. Air rebusan yang mendidih dapat membantu mempercepat proses perebusan.
  • Tambahkan Sedikit Garam
    Tambahkan garam selagi menunggu air mendidih atau beberapa saat setelah daun singkong dimasukkan ke dalam air rebusan. Gunakan garam secukupnya. Garam disini berfungsi untuk meluruhkan rasa pahit.
  • Jangan Tutup Panci Selama Proses Perebusan
    Biarkan tutup panci terbuka saat merebus, sehingga uap air dalam panci bisa bebas keluar dan tidak tercampur ke dalam rebusan. Hal bertujuan untuk menghindari perubahan warna gelap dan kecoklatan pada bahan makanan ini.
  • Peras Air Rebusan
    Cara mengolah daun singkong satu ini sebaiknya jangan sampai terlewatkan. Setelah daun singkong layu, teksturnya empuk dan tidak muncul banyak perubahan dari warnanya, segera tiriskan lalu peras. Cara ini terbukti membantu menghilangkan rasa pahit.

Cukup mudah bukan cara mengolah daun singkong atau merebusnya tersebut? Yang terpenting kamu harus melakukan setiap langkahnya dengan cermat dan jangan sampai ada yang terlewatkan, agar daun singkong tidak kehilangan nutrisi, tetap kaya manfaat dan pastinya tidak terasa pahit. Untuk memasaknya sendiri, kamu bisa mengolah daun singkong yang sudah direbus tersebut menjadi urap, buntil dan beragam pilihan lainnya.

 

Artikel dalam Serial ini: Minyak Pelapis Kayu Organik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.