Cara Cepat Mengempukkan Daging Sapi

Saat memakan rendang atau bistik atau masakan olahan lainnya, keluarga pasti ingin daging yang terasa empuk bukan? Sebab, daging yang kenyal dan liat susah dimakan dan sebaliknya, daging empuk lebih enak dimakan karena lebih mudah diiris dan dikunyah.

Yang membuat jengkel terkadang meski kita sudah membeli has dalam yang mentahnya saja terasa empuk, tetapi saat dimasak hasilnya daging masih terasa liat. Apalagi bagian daging seperti sengkel, sandung lamur dan leher yang susah sekali menjadi empuk.

Merebus dan bagian daging lainnya dalam waktu lama sudah pasti akan membuatnya jadi lebih empuk. Tapi merebus dalam waktu lama akan boros bahan bakar. Sementara untuk saran menggunakan panci presto, yah tidak semua rumah tangga memiliki panci presto juga.

Karena itu silakan disimak beberapa cara mudah mengempukkan di bawah ini. Yuk kita bahas lebih jauh dalam tips mengempukkan daging.

1. Menggunakan Buah

Masukkan beberapa potongan di yang akan dimasak. Remas-remas daging bersama potongan tomat dan biarkan selama 30 menit. Kandungan asam alami pada tomat akan meresap ke dalam daging dan mengempukkannya. Hasil lainnya rasa asam tomat akan membuat rasa daging semakin segar.

Tips Lainnya :   3 Cara Mengupas Bawang Merah Tanpa Mata Perih

Selain buah tomat, buah lainnya yang juga mengandung asam yang dapat mengempukkan daging adalah buah nanas dan jeruk nipis. Buah nanas bisa diparut, lalu dibalurkan ke daging dan didiamkan selama 30 menit. Demikian pula air jeruk nipis bisa dibalurkan ke daging dan didiamkan juga selama 30 menit.

Namun penggunaan buah yang akan menambahkan rasa asam ke dalam daging ini harap diperhatikan. Jangan terlalu lama memarinasi daging dengan tomat, nanas atau jeruk nipis ini karena nanti rasa daging akan terpengaruh oleh asamnya buah tersebut.

2. Menggunakan Daun Pepaya

Bungkuslah mentah dengan menggunakan beberapa lembar daun pepaya yang sudah diremas agar getah daun pepaya sudah keluar. Getah pepaya ini yang akan menjadi tenderizer atau pengempuk daging. Pastikan kita membungkusnya dengan rapat dan biarkan selama minimal 30 menit. Hasilnya daging lebih empuk dan keuntungan lainnya amis daging pun akan berkurang. Jangan terlalu lama membungkus daging dengan daun pepaya, karena nanti daging bisa hancur karena terlalu empuk.

Tips Lainnya :   Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Tahan Lama dan Tidak Berjamur

3. Menggunakan Baking Soda

Bila di rumah ada persediaan baking soda, ini bisa digunakan juga untuk mengempukkan daging. Baking soda bisa membuat kadar PH daging menjadi meningkat yang membuat protein lebih sulit.

Cara mengempukkan daging dengan baking soda adalah dengan cara mengolesi baking soda pada permukaan daging, lalu simpan di dalam kulkas selama maksimal 30 menit. Setelah itu bersihkan daging dari baking soda dengan cara dibilas, lalu bisa diolah seperti biasa. Atau cara lain bisa dengan melarutkan baking soda ke dalam air dan rendam daging di dalam cairan baking soda tersebut, 10-20 menit.

Penggunaan baking soda untuk mengempukkan daging ini tidak menambahkan rasa, jadi bisa digunakan untuk aneka masakan yang menggunakan daging.

4. Menggunakan Kecap Inggris dan Jeruk Nipis

Masukkan 5 sendok kecap Inggris dan 3 buah air perasan jeruk nipis untuk 1 kg daging bistik yang akan dimasak. Rendamlah selama 1 jam dan biarkan meresap. Hasilnya daging bistik akan semakin empuk dan terasa semakin segar karena jeruk nipis yang digunakan.

Sebagai catatan kandungan kecap Inggris terbuat dari air, garam, gula kelapa, cuka, bawang putih, asam sorbat, dan bumbu-bumbu alami lain. Beberapa produk ini sudah mendapatkan label halal di Indonesia.

Tips Lainnya :   Cara Membuat Rendang Sapi Yang Empuk Dan Tahan Lama

5. Pukul Daging dan Potong Lebih Tipis

Cara lainnya yang tidak menggunakan bahan tambahan adalah dengan memotong daging berukuran lebih tipis dan lebih kecil. Kalau harus menggunakan potongan daging yang lebih besar, maka pukul-pukul daging dengan palu khusus daging yang permukaannya bergerigi. Jangan memukul daging terlalu keras karena nanti dagingnya bisa hancur.

Demikian cara mudah membuat lebih empuk. Tentu saja merebus daging dengan api kecil dalam waktu lama atau menggunakan panci presto juga termasuk dalam tips mengempukkan daging sapi ini. Silakan menyesuaikan dengan kondisi yang ada di rumah dan jenis masakan daging yang akan dibuat.

Selamat mencoba.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: