Kenali Bahan Untuk Membuat Es Krim Rumahan Yang Lembut

Es krim yang dibuat di rumah sering kali tidak terasa seperti es krim yang kita beli di toko. Perbedaan yang sering terasa adalah di teksturnya. Alih-alih ingin membuat es krim, ternyata akhirnya malah jadi Es Puter.

Untuk mendapatkan tekstur yang padat tapi tetap lembut maka perlu diketahui bahan-bahan apa saja yang bisa membuat adonan es krim kita mendapatkan tekstur yang kita inginkan tersebut. Tentu saja karena ini adalah es krim yang kita buat sendiri di rumah, bahan-bahan yang kita gunakan tentunya adalah bahan yang mudah didapat dan umum ada di pasaran.

Selain bahan-bahan dan resep yang tepat, untuk mendapatkan tekstur es krim yang lembut, diperlukan proses pengadukan yang intens. Proses pengadukan ini bisa dilakukan dengan mixer atau bisa juga dengan menggunakan ice cream maker.

Tips Lainnya :   Cara Mengurangi Rasa Pahit Pare

Bahan Yang Bisa Melembutkan Es Krim

Bahan dasar es krim pada umumnya terdiri dari:

1. Cair atau Santan

Susu cair yang digunakan bisa berupa susu UHT, susu evaporated atau yoghurt. Selain susu dairy yang berasal dari sapi, bisa juga digunakan susu yang berasal dari kacang, seperti susu Almond dan Susu Kedelai.

Untuk es krim yang menggunakan santan, bisa menggunakan santan instan kemasan siap pakai, atau mengambil dari perasan air parut yang segar. Untuk keperluan membuat es krim, pastikan santan segar yang digunakan adalah santan yang kental.

2. Kuning telur

Kuning telur biasa digunakan untuk melembutkan dan sekaligus memadatkan adonan es krim. Selain itu kuning telur juga bisa meningkatkan rasa dari es krim yang dibuat.

Tips Lainnya :   Resep Empal Gentong Cirebon Tanpa Santan

3. Whipped cream

Krim kocok atau whipped cream bila dalam pembuatannya dikocok sampai mengembang maka bisa membuat es krim jadi terasa lebih ringan dan lembut. Namun bila ditambahkan tanpa mengocoknya sampai mengembang, maka es krim yang dihasilkan tetap lembut namun terasa lebih padat.

4. Tepung Maizena

Tepung Maizena dipakai untuk mengentalkan adonan atau memadatkan es krim. Ini alternatif pengental yang harganya terjangkau.

5. Susu Kental Manis

Susu kental manis biasa dipakai untuk memberikan rasa manis dan membantu memadatkan es krim yang dibuat hanya dengan menggunakan whipped cream atau krim kocok saja. Selain susu kental manis, bisa juga menggunakan simpel sirup.

Cara Membuat Es Krim Tanpa Ice Cream Maker

Untuk membuat es krim yang lembut, memang dibutuhkan alat seperti ice cream maker. Ice Cream Maker rumahan pada dasarnya adalah alat pengaduk adonan es krim dengan wadah yang sudah didinginkan. Ada 2 macam tipe alat pembuat es krim rumahan, yaitu yang bowl atau wadahnya mesti dibekukan dulu di freezer dan tipe lainnya yang sudah memiliki pendingin sendiri dalam alatnya.

Tips Lainnya :   Cara Cepat Mengempukkan Daging Sapi

Bila kita tidak memiliki ice cream maker, maka yang harus kita lakukan adalah mengaduk adonan dengan mixer, lalu simpan dulu dalam freezer. Lalu 15-25 menit berikutnya keluarkan lalu aduk lagi dengan mixer. Ulangi langkah ini 3 kali. Proses ini bertujuan untuk menghindari terbentuknya kristal es dalam adonan. Kristal es ini yang bila sampai terbentuk di adonan, maka kita tidak akan mendapatkan tekstur lembut es krim.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya