Cara Menyisir Rambut Yang Benar Agar Rambut Tidak Cepat Rontok

Menyisir adalah kegiatan sehari-hari kita yang biasanya bertujuan agar rambut kita tampak tertata rapi. Paling tidak satu – dua kali sehari kita akan melakukan kegiatan menyisir dan merapikan rambut. Aktivitas menyisir rambut itu sendiri sebenarnya selain bertujuan untuk merapikan rambut, juga memiliki manfaat menyalurkan minyak alami ke seluruh bagian rambut. Minyak alami ini melapisi helaian rambut dan menjaganya dari kekeringan dan membuat rambut tampak berkilau.

Namun saking seringnya kita menyisir rambut, kadang kita tidak tahu apa saja yang harus diperhatikan saat kita menyisir agar selain rambut kita rapi, kita juga tidak memperburuk kondisi rambut kita seperti misalnya menyebabkan kerontokan rambut yang tidak wajar.

Berikut adalah apa saja yang perlu kita perhatikan saat menyisir yang benar:

1. Gunakan sisir dengan gigi yang ada bantalan bulat

Bantalan bulat pada ujung sisir dapat memijat kulit kepala | engin akyurt – pixabay

Sisir yang memiliki gigi-gigi dengan ujung yang ada bantalan bulatnya akan memberi rangsangan pada akar untuk tumbuh sehat. Bantalan bulat ini saat mengenai kulit kepala akan seperti melakukan pemijatan ringan pada kulit kepala dan membuat aliran darah lebih lancar di kulit kepala dan menstimulasi pertumbuhan rambut.

Tips Lainnya :   Kandungan dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

2. Keringkan basah terlebih dahulu

yang basah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dengan handuk, bila tidak bermaksud ingin mengeringkan rambut dengan hair dryer. Rambut yang basah rentan sekali menjadi rontok. Biasakan mengeringkan rambut di bagian akar rambut dan juga ujung-ujung rambut dengan handuk kering.

3. Gunakan sisir bergigi jarang

Seperti disebutkan diatas bahwa sebaiknya mengeringkan terlebih dahulu sebelum menyisir. Tapi terkadang kita tak sempat untuk mengeringkan rambut terlebih dahulu dan harus segera menyisir rambut, bila seperti ini maka gunakan sisir bergigi jarang untuk menghindari rontoknya rambut.

Tips Lainnya :   Atasi Selulit dengan Bahan Alami

Atau lebih baik gunakan jari-jari tangan untuk merapikan yang basah dan menguraikan bagian-bagian rambut yang kusut. Setelah rambut sudah agak mengering baru sisir rambut seperti biasa.

4. Uraikan bagian yang kusut

yang kusut menandakan adanya kotoran yang menempel pada rambut kita. Karena itu jika ada bagian rambut yag kusut, sisirlah rambut yang kusut itu terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Pegang bagian atas rambut untuk menghindari penarikan rambut yang berlebihan saat menyisir rambut yang kusut tersebut.

5. Perhatikan arah sisir

Untuk menghindari rambut tertarik-tarik karena adanya bagian yang kusut di tengah, maka sisir rambut mulai dari tengah rambut ke bagian ujung rambut. Pegangin bagian atas rambut untuk mengurangi tarikan pada kulit kepala. Setelah semua rambut yang kusut terurai, maka sisirlah rambut mulai dari kulit kepala untuk menyalurkan minyak alami ke seluruh rambut.

Tips Lainnya :   Kenali 7 Fakta Toilet

6. Jangan menyisir terlalu sering

Sisirlah rambut seperlunya saja, cukup dua kali sehari yaitu saat pagi dan mandi sore. Saat menjelang tidur justru tidak disarankan untuk menyisir rambut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.