Tips Merawat dan Membersihkan Karpet di Rumah

Meski di rumah sudah tampil cantik, tapi kita masih sering merasa perlu untuk menggunakan di rumah untuk menambah kesan hangat dalam ruangan. Selain itu karena karpet terasa lebih nyaman di kaki, kita pun sering menggelar karpet di ruang tamu dan ruang tengah.

Karena letaknya ada di bawah dan sering diinjak-injak, maka memang mudah kotor dan dihinggapi debu sehingga tak jarang karpet menjadi tempat kuman bersarang. Itu pula sebabnya orang yang memiliki alergi terhadap debu atau bulu binatang, biasanya memilih untuk tidak memasang karpet di rumahnya karena adalah sarangnya debu.

Nah supaya di rumah kita selalu dalam keadaan bersih dan terawat, mari kita lakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Bersihkan setiap hari

Vacuum karpet setiap hari untuk membersihkan debu | Liliana Drew – Pexels

Untuk memastikan karpet kita selalu dalam keadaan bersih, maka karpet harus dibersihkan setiap hari walau tidak terlihat kotor. Untuk memudahkan kegiatan membersihkan karpet ini, gunakanlah vacuum cleaner. Vacuum cleaner bisa menyedot debu-debu halus yang menempel pada permukaan karpet. Bila membersihkan karpet setiap hari masih terasa berat, paling tidak lakukan pembersihan karpet ini tiga kali seminggu.

Tips Lainnya :   Tips Mencuci Kain Sutera Di Rumah Dengan Benar

2. Cuci karpet dengan sabun khusus

Tidak perlu repot karpet sendiri seperti ini, bawa saja ke Laundry | Andry noviandi – Pixabay

Selain pembersihan rutin dengan menggunakan vacuum cleaner, karpet juga mesti dicuci dengan sabun khusus minimal setiap enam bulan sekali. Jika merasa berat bila harus karpet sendiri, maka karpet bisa dibawa ke tempat laundry khusus karpet untuk membersihkannya.

3. Ubah posisi karpet

Karpet perlu diubah posisinya setidaknya setiap dua atau tiga bulan sekali. Pemutaran posisi ini dimaksudkan agar bagian karpet yang sering terinjak atau dilewati orang bisa berganti sehingga tidak hanya satu bagian karpet saja yang diinjak-injak terus.

Tips Lainnya :   Mengkilapkan Furniture Kayu

Selain karena alasan diinjak-injak, karpet juga perlu diubah posisinya untuk menghindari paparan langsung sinar matahari terus-menerus sehingga karpet menjadi kusam hanya di satu bagian tersebut.

4. Gunakan Baking Soda

Baking Soda untuk membersihkan karpet | Naturefriend – Pixabay

Jika karpet dalam keadaan lembab, biasanya akan memunculkan apek. Untuk menghilangkan bau apek ini, taburkan baking soda ke atas karpet. Diamkan paling tidak 30 menit, setelah itu bersihkan baking soda yang menempel di permukaan karpet dengan menggunakan Vacuum Cleaner.

5. Minta bersihkan karpet baru dari toko

Karpet yang dipajang di dalam toko seiring waktu sudah banyak debu yang menempel pada permukaan karpet. Daripada kita yang repot mesti membersihkan sendiri karpet tersebut, mintalah toko karpet untuk membersihkan terlebih dahulu karpet yang akan kita bawa pulang ke rumah tersebut.

Tips Lainnya :   Cara Menghilangkan Bau dan Mengharumkan Kulkas

6. Segera bersihkan kotoran apapun pada karpet

Kotoran apapun yang jatuh ke atas permukaan karpet haruslah segera dicuci dan dibersihkan. Terutama kotoran atau cairan yang berwarna, karena semakin lama dibersihkan maka akan semakin sulit menghilangkan kotoran berwarna yang menempel pada karpet.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.