Cara Membuat Sate Kambing Yang Empuk dan Tidak Bau Prengus

Terkadang kita ingin membuat sate kambing sendiri tapi khawatir sate kambing buatan kita tidak empuk dan bahkan masih menyisakan prengus. Kalau sudah begini, rasa kesal dan menyesal pun muncul karena kenapa gak beli jadi saja sih sate kambing di penjual yang sudah jelas-jelas selalu menyajikan sate kambing yang empuk?

Tenang bun, kami pun pernah mengalami hal yang sama. Sampai akhirnya kita mengetahui cara mengempukkan kambing yang akan kita panggang menjadi sate. Yuk kita coba pelajari cara membuat sate kambing yang empuk dan tidak bau prengus.

Cara Mengempukkan

1. Gunakan Nanas Parut

Nanas segar mengandung enzim Bromelain yang mampu membuat potongan daging menjadi cepat empuk. Enzim Bromelain pada nenas ini cukup kuat sehingga jangan terlalu lama merendam daging yang akan dimasak ini dalam parutan nanas.

  1. Parutlah nenas. Untuk ukuran 1 kg daging kambing, membutuhkan kira-kira 2 sendok makan parutan nenas atau maksimal sekitar 250 gram. Sesuaikan jumlah nenas yang akan diparut dengan jumlah daging kambingnya.
  2. Ambil daging kambing yang sudah dipotong-potong sesuai selera, lalu campur rata dengan nanas parut ini. Diamkan selama 30 menit. Jangan terlalu lama merendam daging kambing yang sudah dipotong-potong dalam parutan nenas karena akan membuat tekstur daging kambing hancur.
  3. Setelah 30 menit, tusuk potongan-potongan daging dengan tusukan sate, lalu bakar seperti biasa.
  4. Tambahkan sambal kecap, dan jeruk limau. Sate kambing yang gurih dan empuk siap disajikan.
Tips Lainnya :   Tips Membeli dan Menyimpan Daging Sapi Segar

2. Gunakan

Selain parutan nenas, bahan lain yang biasa digunakan untuk mengempukkan daging kambing adalah daun pepaya. Caranya mudah, yaitu dengan membungkus daging kambing yang sudah dipotong-potong dengan daun pepaya segar. Diamkan selama 20 – 30 menit, lalu daging kambing pun bisa langsung diolah tanpa mesti dicuci.

Selain itu Buah Kiwi yang mengandung enzim Actinidin juga mampu membuat daging menjadi cepat empuk. Hanya saja karena di negara kita, buah Kiwi termasuk buah yang harganya cukup mahal, jadi kurang populer digunakan sebagai pengempuk daging.

Tips Lainnya :   Cara Menyimpan Bumbu Dapur Agar Tahan Lama dan Tidak Berjamur

Cara Agar Sate Kambing Tidak Bau Prengus

Sate Kambing Bumbu Kacang | Syauqy Ayyash – Unsplash

Agar daging kambing tidak bau prengus, maka tidak disarankan untuk daging kambing yang baru kita beli dari pasar. Bila ada bagian kambing yang terlihat kotor, segera pisahkan dan bila pun terpaksa harus dicuci karena misalnya daging kambing itu terkena bahan makanan lainnya, maka setelah dicuci dengan air, segera keringkan dan sebaiknya langsung diolah. Untuk meminimalisir bau kambing, kita juga bisa melumuri daging kambing dengan air .

Tips Lainnya :   Menghilangkan Bau Kaporit Di Air Minum

Cara lainnya untuk menghilangkan bau khas kambing ini adalah dengan merendam daging kambing dengan air murni. Merendam daging kambing dengan air kelapa selain bisa mengurangi bau khas kambing, juga bermanfaat untuk mengempukkan daging kambing.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya