Tuesday, July 27#PakaiMasker #StayAtHome

Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Atau Tak Olahraga

Saat hendak memakai pakaian lama, tiba-tiba kita menyadari bahwa pakaian tersebut ternyata sudah tidak muat lagi di badan. Penyebabnya karena perubahan bentuk tubuh yang semakin besar. Salah satu pemicu lain yang sering dialami banyak orang yaitu perut buncit. Perut yang membuncit akan mengakibatkan kepercayaan diri kamu semakin menurun. Tidak hanya rasa percaya diri yang berkurang, namun diri kita juga akan lebih tersiksa karena rasa sesak dan tidak nyaman. Tetapi kamu yang sedang mengalami masalah tersebut tidak perlu khawatir lagi, berikut tips mengecilkan perut buncit dengan dan tanpa olahraga, agar badan tetap sehat dan bebas dari lemak perut.

Penyebab Perut Buncit

Banyak sekali faktor penyebab perut buncit. Oleh sebab itu perut buncit tidak bisa sembarangan disepelekan, karena kondisi ini tidak dialami oleh orang gemuk saja, tetapi orang kurus juga sering mengalaminya. Beberapa penyebabnya yaitu hormon, usia, malas berolahraga, konsumsi alkohol, kurang tidur, manopause dan masih banyak penyebab lain yang sulit untuk diatasi. Seiring bertambahnya usia, biasanya laki-laki lebih rentan memiliki perut buncit ketika lebih dari 40 tahun.

Stres juga menjadi salah satu penyebab perut buncit, faktor ini berpengaruh terhadap meningkatnya berat badan sehingga menyebabkan menumpuknya lemak berlebih di perut. Apalagi ketika kamu malas berolahraga? Kemungkinan pemicu perut buncit yang paling besar. Masalahnya ketika lemak dari makanan yang dikonsumsi tidak akan terbakar karena kurangnya aktivitas maka hanya akan menumpuk pada bagian perut saja.

Selain itu, ketika kamu tidur kurang dari enam jam setiap malam, maka peluang menumpuknya lemak perut juga akan semakin besar, akibatnya perut menjadi buncit dan kesehatan terganggu. Faktor lain penyebab perut buncit yaitu postur tubuh yang buruk. Kebiasaan berdiri dan duduk dengan membungkuk juga menjadi faktor perut menjadi terlihat menonjol dan tidak pula untuk tulang.

Cara Mengecilkan Perut

Jika penampilan terganggu karena masalah perut buncit, kamu tidak perlu khawatir karena banyak cara untuk mengatasi hal ini. Salah satunya adalah berolahraga yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Berikut ini adalah beberapa dengan berolahraga.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Berolahraga

Cara paling umum untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan rajin melakukan olahraga. Tentu saja aktivitas ini terkadang melelahkan dan membuat bosan. Namun, perlu diingat bahwa timbal balik yang kamu peroleh nanti akan memuaskan dibanding dengan bermalas-malasan dan membiarkan sarang lemak menumpuk di perut.

  • Yoga
    Tips mengecilkan perut buncit yang pertama adalah dengan Yoga. Olahraga pelepas stres ini bertujuan untuk membuat pikiran Anda fresh dan juga efektif menurunkan berat badan. Yoga dapat membakar banyak kalori jika rutin dilakukan. Ketika kamu meluangkan waktu untuk aktivitas Yoga sekitar 90 menit selama sebulan, maka kemungkinan besar mampu mengurangi lingkar pinggang hingga 3,8 cm.
  • Plank
    Plank bermanfaat untuk membakar lemak perut, apalagi dilakukan ketika sebelum tidur. Selain itu, plank tidak perlu membutuhkan banyak alat maupun di dalam ruangan yang luas, cukup lakukan gerakan plank di atas matras olahraga.
  • Berenang
    Berenang termasuk olahraga yang cukup mudah dilakukan. Saat berenang, cukup banyak anggota tubuh yang bergerak di antara lengan dan paha. Jika kamu berenang selama 30 menit, maka kemungkinan akan membakar sekitar 233 kalori.
  • Sit Up
    Olahraga ini cukup efektif karena berfokus pada kekuatan perut. Beratnya kerja otot dapat memicu berkurangnya lemak perut. Sit Up mampu menyeimbangkan postur tubuh dan meningkatkan kesehatan pernapasan perut. Olahraga ini dapat dilakukan di mana saja juga tidak membutuhkan alat tambahan untuk melakukannya.

Bagaimana cukup sederhana dan menyehatkan bukan tips mengecilkan perut buncit dengan berolahraga? Ternyata selain berolahraga, cara mengecilkan perut buncit juga bisa dilakukan dengan hanya berdiam diri di rumah. Bagi Anda yang tak mempunyai banyak waktu, berikut cara mengecilkan perut buncit tanpa berolahraga yang dapat dilakukan dengan santai dan tentunya menyehatkan badan.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Saat pandemi seperti sekarang, pantang bagi kita untuk keluar rumah bahkan menyentuh benda yang datang dari luar. Oleh sebab itu, kegiatan olahraga sering tertunda karena alasan tidak dapat bergerak dengan bebas di rumah. Tapi kamu tidak perlu bingung lagi harus bagaimana dalam mengatasi hal ini. Berikut tips untuk mengecilkan perut tanpa olahraga yang mudah agar tubuh Anda semakin sehat dan dapat menyingkirkan lemak.

  • Perbanyak Konsumsi Serat
    Serat akan membantu kamu untuk kenyang lebih lama sehingga keinginan makan akan berkurang. Selain itu, serat juga baik untuk sistem pencernaan sehingga dapat menghindari perut terlihat lebih buncit. Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat seperti apel, almond, kacang merah, alpukat dan berbagai sumber serat lainnya sebagai pilihan.
  • Membatasi Makan karbohidrat
    Salah satu sumber energi dalam tubuh yaitu Karbohidrat. Meskipun karbohidrat berguna sebagai asal terbentuknya energi, namun untuk mempertahankan perut tetap rata kita harus memilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan menghindari makanan dengan karbohidrat sederhana. Tentu saja tahap ini cukup berguna bagi kamu yang ingin melakukan cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga.
  • Membatasi
    Mengkonsumsi makanan yang mengandung garam berlebihan dapat membuat penyerapan di tubuh menjadi terganggu, sehingga banyak cairan menumpuk termasuk pada area perut. Untuk itu kamu bisa mengganti garam biasa dengan garam laut yang rendah sodium.
  • Mengurangi Gula
    Mengurangi asupan gula juga dapat menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga yang efektif, karena gula juga merupakan penyebab umum seseorang memiliki perut buncit. Jadi, usahakan kamu menghindari makanan yang mengandung gula tinggi seperti aneka macam kue, permen dan aneka kuliner lainnya.
  • Minum air Putih Yang Cukup
    Minum segelas air putih sebelum makan atau sesudah ber olahraga juga dapat membantu kita merasa sedikit kenyang dan tidak buru-buru menuruti keinginan untuk segera mencari makanan untuk mengganjal perut. Jadi, dengan mengkonsumsi air putih yang cukup 2,7 liter bagi wanita serta 3,7 liter bagi laki-laki, kamu bisa membantu mengontrol mengurangi lemak yang menumpuk di perut.
  • Makanlah Lebih Perlahan
    Ketika kamu makan terburu-buru, otak tidak sempat menyampaikan informasi bahwa tubuh sudah mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Akibat lain dari hal ini yaitu ketika kamu makan terlalu cepat juga akan membuat tubuhmu menelan banyak udara dan gas yang berisiko perut kembung dan pastinya membuncit.

Bagaimana simpel bukan cara mengecilkan perut tanpa olahraga? Selain mudah, kamu juga tidak perlu memakan banyak waktu. Cukup atur pola makan kamu serta kandungan nutrisi yang masuk dalam tubuh, maka masalah perut membuncit akan teratasi. Cara sederhana untuk mengingat berapa banyak kalori yang sudah masuk di tubuh kita, download lah aplikasi menggunakan smartphone dan cek kandungan nutrisi setiap mengkonsumsi sesuatu. Jadi, mau mencoba mengurangi membuncit lewat olahraga ataupun mengontrol nutrisi makanan yang dikonsumsi, usahakan rutin melakukannya agar hasilnya sesuai harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.