Thursday, May 6#PakaiMasker #StayAtHome

Begini Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri Di Rumah

Merawat mobil memang membutuhkan penangan khusus, baik pada bagian luar sampai bagian dalam mobil. Dan kebersihan bagian mesin mobil juga dapat memengaruhi performa mesin. Dengan melakukan pembersihan bagian mesin secara rutin maka diharapkan kondisi mesin mobil tetap bersih dan terjaga dari sisi mesinnya. Biasanya dari sisi mesin mulai dari membersihkan , mengganti dan berbagai objek lain yang mengganggu performa mesin. Untuk itu berikut cara membersihkan mobil di rumah yang bisa kamu praktekkan secara rutin untuk menjaga performa mesin tetap baik dan awet.

  • Pastikan Mesin Mobil Dalam Kondisi Dingin
    Proses pembersihan mesin mobil yang perlu diperhatikan adalah memastikan mesin mobil dalam kondisi dingin.Itulah sebabnya waktu yang tepat ketika ingin membersihkan mesin mobil adalah di pagi hari ketika mesin belum dinyalakan sama sekali. Namun ketika kamu tidak mempunyai banyak waktu di pagi hari, bisa membersihkannya setelah memakainya. Tapi, tunggu 30 Р45 menit  dulu sampai mesin mobil benar-benar dalam kondisi dingin.
  • Bersihkan Debu atau Kotoran Ringan
    Setelah mesin mobil dingin barulah memulai proses pembersihan. Cara membersihkan mesin mobil yang kotor ini akan lebih praktis jika menggunakan blower, atau kamu bisa menggunakan kuas saja. Mulailah menyapu permukaan mesin dari yang permukaannya lebar sampai ke sela-sela. Di tahap membersihkan mesin ini, kamu sama sekali tidak membutuhkan .
  • Melepas Aki Mobil
    Langkah berikutnya adalah melepas aki mobil. Hal ini sangat penting diperhatikan karena terdapat komponen yang boleh dan tidak boleh disentuh. Melepas aki mobil berarti memutus segala aliran yang ada di mobil, tujuannya yakni menghindari korsleting saat proses pembersihan mesin mobil memakai air. Kamu juga dapat mengakses bagian bawah tempat aki saat melepasnya. Umumnya, kotoran bersarang pada celah-celah penyimpanan aki. Setelah dilepas, simpan aki, baut dan komponen lain di tempat kering juga aman dari jangkauan anak-anak.
  • Bersihkan Bagian Bawah Kap Mesin
    Saat aki mobil sudah terlepas, dapat dikatakan sudah aman dalam menggunakan bahan cair untuk melanjutkan cara membersihkan mesin mobil dari oli dan debu. Sebelum membersihkan setiap komponennya, kamu dapat terlebih dahulu melakukan pembersihan bagian bawah kap mesin.Karena letaknya berada di atas maka bagian ini mendapat giliran pertama. Kamu juga bisa memanfaatkan cairan pembersih serbaguna dan bersihkan kotoran yang menempel memakai kuas atau sikat.  Setelah selesai, barulah bilas perlahan agar cipratan air tak berantakan ke atas permukaan mesin. Keringkan dengan plas chamois atau lap microfiber.
  • Cara membersihkan Mesin Mobil Dari Debu Lebih Mudah Dengan Steamer
    Pada tahap ini, kamu akan lebih mudah membersihkan mesin mobil dengan bantuan alat steamer uap. Nantinya steamer akan fokus pada bagian yang memiliki permukaan besar terlebih dahulu. Semprotkan steamer pada sisi yang hendak dibersihkan. Uap steamer berguna untuk mengangkat kotoran dengan cepat. Perlu diketahui walau tanpa alat tersebut kamu juga masih dapat melakukan proses pembersihan. Proses pembersihan mesin mobil satu ini tidak boleh terlewatkan dan pastikan untuk membersihkannya sampai detail bagian terkecil.
  • Membersihkan Mesin Menggunakan Cairan Pembersih
    Tenang saja, tanpa adanya steamer kamu juga masih bisa membersihkan mesin mobil dengan baik. Proses membersihkan mesin mobil dari debu dan oli ini mungkin akan membutuhkan banyak waktu, namun hasilnya tentu sesuai yang diinginkan. Pertama basahi permukaan mesin, kemudian gunakan kuas atau sikat untuk mengangkat kotoran yang menempel.Kadang tak cukup menggunakan air sabun saat membersihkannya, maka dari itu kamu dapat menggunakan degreaser. Sebaiknya untuk membersihkan mesin dengan permukaan besar atau lebar terlebih dahulu, lalu dilanjut pada bagian kecil sampai ke sela-sela mesin. Jangan ketinggalan untuk membersihkan kerangka mobil pada bagian dalam.
  • Bersihkan Bagian Depan Mesin
    Sesudah membersihkan bagian permukaan mesin, cara membersihkan mesin mobil selanjutnya yakni membersihkan bagian depan mesin mobil. Untuk mempraktekannya, kamu perlu melepas grill depan terlebih dahulu. Lakukan cara yang sama dengan tahap membersihkan mesin mobil sebelumnya.
  • Keringkan Bagian Yang Sudah Dibersihkan
    Tahap ini dapat dilakukan saat selesai membersihkan semua bagian mesin. Keringkan bagian mesin dan pastikan untuk tak hanya membiarkannya, paling tidak lap perlahan untuk membantu mempercepat pengeringan. Ada baiknya untuk menggunakan lap microfiber atau plas chamois. Namun, sebelum dikeringkan di atas sinar matahari, bilas kembali permukaan mesin agar lebih terjamin kebersihannya. Cara membersihkan mesin mobil dari oli dan debu ini penting untuk menghindari resiko berkarat pada komponen mesinnya.
  • Pasang Aki dan Nyalakan Mesin
    Proses pembersihan mesin pada dasarnya sudah selesai. Namun sebelum mengakhirinya, pasang kembali aki mobil dan coba nyalakan mesin kurang lebih 15 menit.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara untuk membersihkan mesin mobil sendiri di rumah? Tapi, ketika kamu ragu melakukannya sendiri ada baiknya membawanya ke bengkel. Lakukan pembersihkan mesin mobil bersama ketika melakukan service rutin dalam periode 3 bulan sekali agar performa mesin tetap terjaga dan tentunya juga awet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.