Cara Memasak Buah Pepaya Muda dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Pepaya Muda

Pepaya dikenal sebagai buah meja yang digemari karena rasanya yang segar dan manis. Tak hanya buahnya yang matang dan manis, tetapi buah pepaya yang masih muda atau mengkal pun bisa dinikmati untuk berbagai olahan. Buah Pepaya muda banyak digunakan sebagai bahan masakan sayuran. Pepaya muda atau pepaya mengkal disukai sebab walau telah dimasak dengan cara direbus, pepaya tetap terasa renyah.

Pepaya muda ternyata banyak memiliki manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah :

1. Pepaya muda memiliki banyak nutrisi, salah satunya adalah karotenoid. Kadar karotenoid pada pepaya muda bahkan lebih besar dibanding wortel dan tomat. Karotenoid adalah senyawa kimia pada tanaman yang memberi warna pada tanaman atau buah tersebut. Fungsi karotenoid adalah sebagai antioksidan yang dapat melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas pemicu kanker.

Tips Lainnya :   Air Garam Pembersih Sisa Pestisida

2. Pepaya muda dapat melancarkan pencernaan. Pepaya muda atau pepaya mentah ini memiliki banyak serat yang dapat membantu mengatasi sembelit kronis, keasaman lambung dan diare. Enzim lateks pada pepaya muda ini juga bisa melakukan detoksifikasi tubuh dari dalam dan membersihkan usus besar dan saluran pencernaan dari kotoran.

3. Dibandingkan pepaya matang, pepaya muda memiliki lebih banyak enzim cymopapain dan papain yang dapat membantu memecahkan lemak, protein dan karbohidrat. Enzim papain dalam pepaya muda ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan meredakan asam lambung. Selain itu Enzim dan serat dalam pepaya muda ini juga mengurangi gejala naiknya asam lambung, seperti sensasi rasa panas di dada yang biasa disebut heartburn.

Tips Memasak Pepaya Muda atau Pepaya Mentah

Jika ingin membuat sayur dari pepaya muda, pilihlah pepaya muda dari jenis pepaya yang manis agar tetap mendapatkan rasa gurih renyah manis. Pilih pepaya muda yang tidak terlalu mentah dan berwarna sedikit kekuningan.

Tips Lainnya :   Cara Menyimpan Ayam Segar di Kulkas

Sebenarnya pepaya muda yang masih mengkal ini bila dimasak menjadi sayur, ia memiliki citarasa dan tekstur seperti buah labu siam. Maka tak heran, sajian sayuran buah pepaya muda umumnya juga mirip, yaitu buah pepaya dalam irisan korek api yang dimasak pedas dengan kuah santan.

Untuk mengurangi getahnya, setelah pepaya diiris, lalu remas-remas dengan sedikit garam hingga layu. Kemudian bilas dengan air hingga bersih dan tiriskan. Pepaya siap diolah menjadi aneka sayuran.

Tips Lainnya :   Resep Pavlova Buah Segar, Dessert Mewah Cepat dan Mudah Dibuat

Selamat mencoba.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya