Cara Membersihkan Jerohan Sapi dan Kambing

Beberapa resep khas masakan Indonesia memberikan tempat khusus untuk jerohan sebagai bahan utamanya, walaupun tentu saja jerohan ini masih bisa digantikan dengan daging sepenuhnya. Tapi para penyuka jerohan tentu saja akan tetap memilih jerohan dibandingkan daging karena memiliki kenikmatan tersendiri.

Jerohan memang harus diakui memiliki kandungan zat purin yang sangat tinggi, serta merupakan pemicu bagi penderita asam urat. Karena itu perhatikan kesehatan masing-masing bila ingin mengonsumsi jerohan. Kalaupun ingin sekali, konsumsilah dalam jumlah yang aman, alias jangan makan terlalu banyak atau terlalu sering.

Cara Membersihkan Jerohan Sebelum Dimasak

Sebelum dimasak, jerohan harus dibersihkan dan diperlakukan khusus untuk menghilangkan bau, mengurangi kadar lemak dan untuk melunakkan beberapa jerohan yang memang agak alot.

1. Jerohan yang Alot dan Keras

Saat ini di beberapa supermarket atau pasar swalayan tertentu sudah bisa didapat jerohan sapi atau kambing yang sudah dibersihkan bahkan sudah direbus matang. Namun walaupun kita membeli jerohan yang sudah matang, seperti paru, kikil, kaki/dengkul, babat dan usus, dalam proses memasak berikutnya tetap harus direbus lagi agar lunak. Untuk penyedap rasa dan aroma, tambahkan daun salam dan sepotong jahe yang digeprek saat merebus jerohan. Buanglah sisa air perebus karena kandungan lemaknya sangat tinggi.

Tips Lainnya :   Memilih Asparagus Segar

2. Cara Membersihkan Lidah Sapi

Lidah sapi saat dibeli masih mengandung banyak lendir. Bersihkan dengan cara membaluri lidah dengan garam, lalu gosok-gosok untuk membuang lendirnya.
Kemudian masukkan lidah sapi ke dalam air yang mendidih sebentar saja, lalu angkat. Kupas bersih kulit luar lidah yang telah dicelup ke air mendidih ini.
Setelah itu rebus lidah sapi yang telah dikuliti ini dengan 1 lembar daun salam hingga lunak.

3. Cara Membersihkan Otak Sapi

Cuci bersih otak sapi sambil perlahan mengangkat jaringan yang melekat. Lalu kukus otak sapi sambil dialas dengan daun pisang agar tidak lengket sampai matang.

Tips Lainnya :   Cara Memanggang Jagung Bakar Yang Enak

4. Cara Membersihkan Hati dan Limpa

Pada hati dan limpa terkadang masing ada lemak, urat dan selaput tipis yang harus dibersihkan. Setelah itu barulah rebus hati dan limpa sampai lunak.

5. Cara Membersihkan Ginjal

Baluri ginjal dengan garam lalu pukul-pukul pelan agar endapan-endapan yang ada di dalamnya bisa keluar. Lalu cuci bersih. Setelah itu rebus ginjal dengan daun salam dan jahe hingga lunak.

6. Cara Membersihkan Jantung

Bersihkan jantung dengan cara membuang lemak dan darah yang membeku. Lalu cuci bersih kemudian rebus hingga lunak.

Cara Mudah Membuat Ungkep Jerohan

Setelah dibersihkan dengan cara tersebut di atas, kita bisa mulai membuat Ungkep Jerohan. Membuat Ungkep Jerohan ini sangat mudah, sebagai berikut :

Tips Lainnya :   Cara Membuat Sate Kambing Yang Empuk dan Tidak Bau Prengus

200 gram berbagai jenis jerohan
Air kelapa (dari dua buah Kelapa)
1 sdm air asam jawa
2 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam

Haluskan :
1 sdt ketumbar
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
2 sdm gula merah
1 sdt garam

Cara Membuat Ungkep Jerohan:

Rebus jerohan bersama bumbu yang sudah dihaluskan dan air kelapa. Masukkan air asam jawa, lengkuas dan daun salam. Biarkan direbus dengan api kecil-sedang sampai air menyusut hampir habis. Setelah itu bisa ditambahkan 5 sdm minyak goreng, aduk sebentar dengan api kecil hingga air habis dan jerohan terselimuti rata dengan minyak.
Demikian cara membuat ungkep jerohan dan tips membersihkan jerohan agar masakan berbahan jerohan ini tidak berbau anyir. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya