Yuk Buat Stok Aneka Kaldu Beku Di Rumah

Buat kalian penggemar sop dan soto, pasti sudah tahu bahwa kunci kelezatan sop dan soto itu adalah pada kaldunya. Tentu saja kalau memang niat ingin membuat kuah sop atau soto yang enaknya kelewatan, kita mesti berani menggunakan daging berlemak, tulang-tulang dan kulit, jangan lupa pakai tetelan juga lalu kita rebus selama berjam-jam. Wuah, dijamin kuah sop atau soto-mu wueenakknya pasti kebangetan.

Tapi untuk kebutuhan konsumsi kita sehari-hari di rumah, mungkin kita punya pilihan lain. Kalau sesekali kita menyantap kuah kaldu soto atau sop yang penuh dengan lemak gurih itu, mungkin tidak apa-apa. Tetapi bila kita menyiapkan kaldu untuk kita konsumsi sehari-hari, kita bisa memilih cara yang lebih sehat dan lebih praktis daripada harus setiap hari merebus bahan kaldu selama berjam-jam.

1. Kaldu Bubuk.

Kaldu bubuk adalah solusi praktis. Walaupun beberapa orang yang sensitif dan peka pada rasa akan mengatakan bahwa rasa dan aroma bumbu dalam kaldu bubuk siap beli ini kurang ‘nendang’ atau kurang ‘fresh’ dan lebih cocok untuk makanan bergaya barat. Tapi buatku sejujurnya, kaldu bubuk adalah penyelamat di kala tak punya waktu untuk menyiapkan kaldu sendiri.

Tips Lainnya :   Cara Membuat Rendang Sapi Yang Empuk Dan Tahan Lama

Apalagi saat ini banyak dijual kaldu bubuk yang organik dan tidak ditambahkan MSG atau perasa tambahan lainnya. Jadi kaldu bubuk ini dibuat dengan bahan-bahan alami dan dikeringkan sehingga menjadi berbentuk pasta atau bubuk. Kaldu bubuk yang diklaim tidak mengandung MSG ini bisa kalian beli online di sini.

Kaldu Ayam Beorganik terbuat dari bahan pilihan asli tanpa campuran dan pengawet

Beli Kaldu Ayam Bubuk Beorganik di Toko Official Beorganik di Tokopedia. Kaldu ayam Beorganik adalah sari dari rebusan daging atau tulang ayam kampung yang diolah menjadi bubuk untuk memperkaya rasa masakan anda. Biasa digunakan untuk sup atau tumisan. Komposisi : Daging ayam kampung, Tepung Maizena, Bawang merah, Bawang Putih, Merica, Garam (TANPA MSG)

Beorganik Fish Stock Powder (NON MSG) / Kaldu Ikan Bubuk

Beli Kaldu Ikan Bubuk Beorganik di Toko Official Beorganik di Tokopedia. Kaldu Ikan ini terbuat dari rebusan potongan ikan tenggiri dan rempah yang diolah menjadi bubuk untuk memperkaya rasa masakan anda. Biasa digunakan untuk sup atau tumisan. Komposisi : Daging Ikan tenggiri, Soy, Bawang merah, Bawang Putih, Merica, Garam (TANPA MSG)

2. Membuat Kaldu untuk Dibekukan

Membuat persediaan kaldu ini bisa kalian rencanakan dan lakukan di saat senggang. Nah saat membuat kaldu untuk dibekukan ini, sekaligus buat beberapa jenis dan dalam jumlah yang cukup banyak untuk persediaan. Jadi tidak perlu bolak-balik membuat kaldu saat membutuhkannya.

Tips Lainnya :   Cara Menyimpan Ayam Segar di Kulkas

Bekukan kaldu cair dalam kemasan plastik berukuran sekitar 250 gram atau 1/4 liter, ini kira-kira porsi kaldu sekali pakai. Walaupun nantinya juga menggunakan bahan daging sapi atau ayam sehingga terbentuk kaldu, tapi akan lebih mantap rasanya dengan menambahkan ekstrak kaldu yang sudah kalian siapkan sebelumnya.

Memilih Ayam Untuk Bahan Kaldu

Untuk ekstrak kaldu yang gurih, pilihlah ayam kampung yang sudah cukup tua. Dagingnya memang cukup keras sehingga perlu direbus cukup lama dan dapat menghasilkan ekstrak sari pati ayam yang banyak dan gurih. Tambahkan juga tulang-tulang, ceker dan kepala yang dicincang kasar untuk membuat kuah semakin sedap.

Tips Lainnya :   Kenali Bahan Untuk Membuat Es Krim Rumahan Yang Lembut

Memilih Daging Sapi Untuk Bahan Kaldu

Untuk membuat kaldu yang sedap, bagian daging sapi yang lunak dan berlemak memang sangat ideal. Bagian daging yang lunak ini seperti brisket (bagian perut), sandung lamur, tulang iga yang masih berdaging dan juga tetelan. Kalau ingin mengurangi kadar lemak pada kaldu, gunakan daging kaki/betis (shank), juga urat dan otot daging yang memang keras, tapi seiring dengan waktu perebusan yang cukup lama akan menjadi kenyal juga. Sebaliknya daging tipe top side yang sering dijadikan rendang, gandik atau has dalam kurang enak untuk sop dan soto.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya