Cara Menghilangkan Bau Lumpur pada Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang sebaiknya kita konsumsi sesering mungkin. Pilihan ikan pun cukup banyak di pasar. Ikan yang umumnya ada di pasar biasanya terdiri dari ikan laut dan ikan air tawar. Beberapa orang mengeluhkan ikan air tawar yang pada umumnya seperti bau lumpur, misalnya ikan mas dan ikan mujair. Selain itu ikan bandeng juga termasuk yang sering dikeluhkan berbau lumpur.

Selain ikan-ikan yang khusus disebutkan berbau lumpur, pada dasarnya ikan memang perlu perlakuan khusus sebelum diolah menjadi masakan untuk menghilangkan bau anyir ikan tersebut terbawa saat sudah menjadi masakan.

Tips Lainnya :   Cara Membersihkan Jerohan Sapi dan Kambing

Cara Menghilangkan Bau Anyir Ikan

  1. Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis.
  2. Cara lain bisa menggunakan parutan timun. Lumurkan timun parut pada ikan yang sudah dibersihkan secara merata lalu diamkan selama 5 menit.

Nah ternyata ada beberapa ikan yang walaupun sudah dibersihkan dengan cara seperti diatas, dan sudah tidak berbau anyir, tetapi saat sudah diolah menjadi masakan, masih terasa seperti ada bau lumpur. Untuk masalah ini, kita bisa coba cara berikut ini :

1. Cara Menghilangkan Bau Lumpur Mujair

Saat menggoreng ikan mujair, masukkan sepotong kulit roti tawar ke dalam minyak di penggorengan.

Tips Lainnya :   Cara Mendapatkan Lebih Banyak Perasan Santan Kelapa

2. Menghilangkan Bau Lumpur Ikan Bandeng

  1. Rendam selama 1 jam ikan bandeng yang sudah dipotong-potong di dalam air teh yang sudah diinapkan semalaman.
  2. Cuci ikan bandeng sampai bersih.
  3. Setelah dicuci, lalu rendam ikan bandeng di dalam air garam yang sudah dicampur sedikit cuka selama 5 menit untuk menghilangkan bau amis.
  4. Ikan bandeng siap digoreng.

3. Cara Menghilangkan Bau Ikan Tongkol

Untuk menghilangkan bau khas ikan tongkol yang terkadang mengganggu, bisa menggunakan air abu gosok. Caranya yaitu merebus ikan tongkol dengan air abu gosok hingga setengah matang. Lalu cuci bersih ikan tongkol dan ikan tongkol pun siap diolah.

Tips Lainnya :   Cara Memanggang Jagung Bakar Yang Enak

4. Cara Membersihkan Lendir Ikan Lele

Selain mengatasi bau lumpur pada ikan lele seperti cara-cara di atas, ada lagi lendir ikan lele yang juga harus kita bersihkan. Cara membersihkan lendir ikan lele adalah dengan cara mencuci ikan lele dalam larutan satu sendok teh kapur sirih yang dicampur dengan dua sendok makan cuka yang dilarutkan dalam sedikit air. Setelah ikan lele dicuci dengan larutan ini, lalu cuci bersih ikan lele dan ikan lele pun siap diolah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya