Tips Memanggang Kue Kering Agar Renyah

Siapa yang tidak suka harum kue kering yang sedang dipanggang? 🙂 Hmmm dijamin harum kue yang sedang dipanggang buat kita betah duduk menunggu sampai kue siap disajikan. Tapi tunggu dulu, kita kadang kurang semangat memanggang kue karena hasilnya kurang optimal. Harus dipahami kesalahan dalam memanggang kue tidak hanya terjadi saat kita mengolah resep, tetapi bisa juga terjadi saat kita memanggang. Yuk, kita bahas lebih detail bagaimana kiat memanggang kue kering agar pastry kita mekar sempurna 🙂

Agar kue kita terpanggang dengan mekar sempurna, ikuti beberapa langkah mudah berikut.

Pertama, Panaskan selama 15-20 menit sebelum kita memasukkan kue yang akan kita panggang.

Tujuannya ada dua, yang pertama agar saat adonan kue dimasukkan ke dalam oven, suhu sudah sesuai dengan kebutuhan resepnya. Karena bila oven masih belum cukup panas saat adonan masuk, bisa jadi adonan akan gagal mengembang sempurna.

Tujuan kedua adalah agar panas yang dihasilkan bisa merata, terlebih bagi yang menggunakan oven yang dipanaskan di atas kompor atau yang biasa disebut dengan tangkring. Adapun untuk oven yang menggunakan dua panas, yaitu atas bawah, maka waktu untuk memanaskan sebelum kue masuk relatif lebih cepat.

Secara spesifik, kita perlu mempelajari cara penggunaan milik kita, apakah dia oven tangkring, oven atau oven gas, hal ini agar kita bisa beradaptasi dan memaksimalkan fungsinya.

Kedua, Jangan terlalu sering membuka tutup oven saat kue dipanggang, meski dengan alasan melihat kematangan kue.

Perlu dicatat suhu oven akan turun 25 C setiap kita membuka tutupnya. Karenanya, untuk mengecek kematangan kue kita cukup melihatnya dari oven.

Ketiga, Segera keluarkan kue saat waktu memanggang sudah selesai.

Matikan oven saat kita bersiap mengangkat kue. Karena selama kita siap-siap mengangkat kue, tapi oven tidak segera dimatikan, kemungkinan kue akan over baked dan akibatnya kue menjadi terlalu renyah atau malah agak gosong.

Keempat, Dinginkan kue selama 10 menit atau lebih lalu masukkan ke dalam toples kue yang tertutup rapat. Pastikan kue sudah dingin sebelum dimasukkan ke dalam toples.

Kelima, Pastikan toples kue kedap dan rapat agar kue tetap terasa renyah meski kue disimpan dalam waktu lama. Kesalahan ketika menyimpan dalam toples yang tidak kedap udara akan membuat kue cepat “masuk angin”.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat memanggang 🙂

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.