Cara Menghilangkan Bau di Kamar Mandi

Sering kali walau selalu disiram tiap kali sehabis dipakai, namun tetap saja mengeluarkan bau tidak sedap tak hanya dari lubang pembuangan, tetapi juga dari setiap sudut ruangan.

Bau ini bisa jadi berasal dari zat amonia yang disebabkan oleh matinya bakteri pengurai di kamar mandi. Terlalu sering membuang air ke dalam saluran bisa menjadi salah satu penyebabnya. Kamu harus berhati-hati menggunakan cairan pembersih agar bakteri pengurai ini tidak mati. Sebaiknya untuk pembersihan rutin setiap minggu tidak menggunakan cairan pembersih kamar mandi yang terlalu kuat, karena selain bisa merusak nat lantai, juga bisa membunuh bakteri pengurai kotoran yang biasanya bisa mengurangi bau busuk dari kotoran itu sendiri.

Tips Lainnya :   Merawat Sofa Berbahan Kulit

Untuk itu apabila kamu tidak terlalu kotor, ada baiknya mencoba cara alami untuk menghilangkan bau yang tercium dari dalam kamar mandi. Selain itu kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini yang bisa jadi menjadi sumber penghasil bau tidak sedap dari kamar mandi.

1. Bau tidak sedap di bisa juga disebabkan oleh peralatan sanitari yang kualitasnya kurang baik. Misalnya kloset yang berpori besar bisa menampung sisa urin yang tidak tersiram dengan bak sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Pilihlah kloset dengan bahan yang kualitasnya baik untuk menghindari munculnya bau tidak sedap di kamar mandi.

Tips Lainnya :   Cara Merawat Kompor Gas dan Menghilangkan Karat Pada Kompor

2. Bau bisa dihilangkan dengan menggunakan ampas tubruk. Caranya yaitu siapkan satu cangkir air panas. Masukkan ampas kopi ke dalamnya. Campurkan satu sendok garam. Aduk lalu siramkan cairan tersebut ke lubang WC dan sekitarnya. Bau akan terusir dengan aroma ampas kopi tubruk tersebut.

3. Bila di tempat Anda mudah menemukan arang (yang biasa digunakan untuk membakar sate), Anda bisa gunakan arang tersebut untuk mengusir bau di WC atau kamar mandi. Letakkan beberapa potong arang baru di sudut-sudut dan dalam beberapa hari bau di kamar mandi akan diserap oleh arang.

Cek Yang Ini:

4 Comments

  • Pak Harvin, biasanya exhaust fan itu ada setelannya. Setelan itu menggunakan tali penarik atau tombol. Setelan utk exhaust fan secara umum ada 2 yaitu:
    1. utk in-take : menghisap udara luar ke dalam ruangan
    2. utk out-take : membuang udara dalam ruangan ke luar
    Monggo dicek dulu pak 🙂

  • harvin

    dear tipsrumah.com
    mohon bantuan penjelasannya, saya menggunakan exhaust fan di dalam kamar mandi, nah, yang menjadi masalah, setiap exhaust dinyalakan, muncul bau busuk dari saluran lubang pembuangan air kamar mandi,
    apakah ada yang salah dengan konsep pemasangannya ?
    sebagai informasi, pintu kamar mandi yang saya gunakan bermodel ventilasi di bagian bawah.
    mohon bantuannya

    terimakasih

    • Halo Pak Harvin, sy coba sedikit membantu … exhaust itu kan menyedot udara dalam kamar mandi lalu dihembuskan keluar. Kalau tiba2 muncul bau busuk dari saluran buangan, kemungkinan besar memang ada sumber baunya di dalam saluran itu. Mungkin bapak bisa cek kondisi saluran buangan di kamar mandi tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.