Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tahan Lama

Di saat harus mencacah daging dan melakukan aktivitas berat, talenan kayu jauh lebih aman karena goresan plastik tidak terikut dalam makanan. Namun tidak seperti halnya talenan plastik, merawat talenan dari kayu ini jauh lebih sulit. Karena terbuat dari kayu maka sifatnya menyerap air dan mudah lembab. Dan jika talenan kayu dibiarkan dalam kondisi lembab maka akan tumbuh jamur dan bakteri juga tumbuh subur.

Agar talenan kayu tetap bersih dan tidak menjadi media perantara penyakit, ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar talenan kita awet dan tetap hieginies.

Cara Merawat Talenan Kayu Agar Tetap Higienis

1. Olesi dengan

Talenan kayu yang baru dibeli, sebaiknya tidak langsung dipakai. Olesi terlebih dahulu dengan minyak goreng, lalu tutup dengan bersih atau bungkus dengan aluminium foil. Diamkan selama dua hari. Setelah itu, bersihkan talenan kayu dengan tisu yang lebih tebal daripada tisu biasa baru kemudian cuci bersih dengan . Setelah proses ini talenan kayu pun siap digunakan.

Tips Lainnya :   Cara Membersihkan Microwave

Untuk perawatan selanjutnya, agar talenan kayu tidak cepat menjadi kusam, biasakan secara rutin mengolesi talenan kayu dengan minyak goreng.

2. Cara alami membersihkan talenan kayu

Untuk membersihkan talenan yang sudah mulai terlihat kusam, kamu bisa menaburi talenan dengan , lalu gosok dengan irisan jeruk nipis atau jeruk lemon. Kotoran pada talenan akan lebih mudah terangkat.

Alternatif lain, kita juga bisa mengolesi talenan dengan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Diamkan selama satu malam lalu keesokan harinya bilas dan cuci dengan sabun sampai bersih.

Bila sewaktu-waktu talenan amis, segera gosok talenan kayu dengan atau jeruk nipis/jeruk lemon lalu cuci seperti biasa.

Tips Lainnya :   Cara Alami Merawat dan Mengilapkan Furniture Kayu

Pastikan Talenan selalu Kering. Pastikan talenan selalu dalam keadaan kering saat disimpan, dan hindarkan dari tempat yang lembab. Lebih baik diangin-anginkan dan terkena sinar matahari. Jangan pernah merendam talenan kayu di dalam air karena akan menimbulkan bau tidak sedap.

Dan jangan lupa tiap kali melakukan pembersihan talenan kayu, setelah dikeringkan, tuangkan sedikit minyak goreng ke tisu dapur yang bersih, oleskan ke seluruh bagian talenan kayu. Dengan cara ini talenan kayu Anda akan awet bertahun-tahun.

3. Cara melakukan desinfektan talenan kayu

Segera Bersihkan Talenan Setelah Digunakan. Talenan kayu yang kotor dan lembab sangat mudah menyimpan kuman dan bakteri di dalam pori-pori kayunya. Bersihkan kotoran yang menempel dengan cara mengeroknya dengan pisau sebelum dibersihkan dengan air dan sabun.

Tips Lainnya :   Tips Mencuci Kain Sutera Di Rumah Dengan Benar

Bila talenan kayu sudah sempat kotor dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya melakukan proses desinfektan terlebih dahulu sebelum digunakan kembali. Berikut adalah cara melakukan desinfektan dengan bahan-bahan alami:

  • Disinfektan Talenan dengan Cuka.
    Mendesinfektan talenan kayu tidak harus dengan menggunakan -obatan kimia. Cukup dengan menaburkan cuka kemudian membiarkan selama beberapa menit dan dicuci saja. Cuka, selain berfungsi sebagai disinfektan alami juga membantu menghilangkan aroma tidak sedap dari talenan, sehingga saat akan digunakan tidak akan mencemari aroma bahan makanan lain.
  • Desinfektan Talenan dengan Garam.
    Selain menggunakan cuka, kita bisa menggunakan garam kasar untuk mendisinfektan talenan kayu. Caranya: Gosok talenan kayu dengan garam kasar hingga bersih, diamkan kemudian siram dengan air panas. Jemur talenan di bawah terik sinar matahari hingga kering. Kemudian simpan di tempat yang tidak lembab.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya