Wednesday, October 21#PakaiMasker #StayAtHome

12 Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

Apa Anda menyukai kambing? Begitu banyak makanan nikmat hasil olahan dari daging kambing ini, khususnya untuk beberapa masakan khas dari Indonesia. Karenanya, banyak orang menyukai daging kambing. Selain lezat, daging ini mengandung protein dan gizi yang tinggi yang sangat baik tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga anak kecil di masa pertumbuhannya.

Akan tetapi, tidak sedikit juga orang yang enggan makan daging kambing. Alasannya, karena ada yang khas dari daging kambing. Harus diakui, mereka yang tidak tahu bagaimana cara menghilangkan bau daging kambing tersebut saat dimasak, maka bau itu tetap akan tercium ketika daging sudah menjadi makanan.

Bagaimana cara menghilangkannya jika demikian? Yuk kita simak beberapa tips berikut.

Pertama, Jangan mencuci daging kambing sebelum dimasak.
Perlu diketahui dulu khusus daging kambing, kita tidak perlu mencucinya sebelum dimasak. Sebab jika dicuci, baunya akan semakin tajam. Karena itu, sebagai langkah awal, belilah daging kambing di tempat yang terjamin kebersihannya.

Kedua, Campurkan jahe.
Cincang, memarkan atau lumat jahe, campurkan pada daging yang akan diolah. Aroma jahe akan menutupi bau daging kambing. Untuk hasil yang maksimal, lebih baik lagi jika jahe dihaluskan bersama bumbu lain.

Ketiga, Tambahkan bumbu dapur beraroma kuat seperti kapulaga, kayu manis, cengkeh, dan bumbu rempah lainnya.

Keempat, Tambahkan .
Sebelum dimasak, siram daging kambing dengan tetesan air jeruk nipis. Jika tidak ada, jeruk limau bisa sebagai pengganti.

Kelima, Tambahkan daun jambu klutuk.
Selain air jeruk nipis, kita bisa gunakan daun jambu klutuk. Daun jambu itu dibejek-bejek bersama daging kambing sebelum dimasak.

Keenam, Gunakan daun pepaya dan buah nanas.
Bungkus daging kambing dengan daun pepaya dan buah nanas. Fungsi daun pepaya untuk membuat daging untuk empuk setelah matang, sedangkan nanas untuk menghilangkan bau amisnya. Ada pendapat yang mengatakan bau nanas lebih kuat daripada jeruk nipis.

Ketujuh, Bila daging kambing hasil sembelihan sendiri, ambil seluruh hatinya lalu bakar. Setelah dibakar, uleg dan campurkan dengan bumbu lainnya saat memasak.

Selain tujuh tips yang telah disebutkan di atas, Anda bisa mencampurkan bahan-bahan berikut di rebusan daging kambing. Apa saja bahan tersebut?

1. Lobak.
Rebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya, setengah jam kemudian keluarkan lobaknya. Setelahnya, Anda bisa memasak daging kambing sesuai resep yang Anda suka.

2. Kacang Hijau.
Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan kacang hijau 5 gram. Setelah 10 menit, angkat dan tiriskan daging tersebut. Setelahnya, daging bisa dimasak sesuai dengan keperluan.

3. Bubuk Kare.
Rebus 1 kilogram daging kambing dengan bubuk kare sekitar 10 gram. Jangan lupa, banyaknya bumbu kare disesuaikan dengan jumlah kilogram daging yang akan dimasak.

4. Tebu.
Rebus 1 kilogram daging kambing atau domba dengan 200 gram tebu yang sudah dipotong-potong. Rebus selama setengah jam. Daging bisa diolah setelahnya.

5. .
Rebus 1 liter air, setelah mendidih, masukkan 1 kilogram daging kambing bersama 50 gram cuka. Setelah mendidih, tiriskan dan daging kambing bisa dimasak sesuai keinginan.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.