Cara Cepat Membuat Kompos Dari Daun Kering

Bila kamu punya pohon besar di halaman rumah, pastinya pohon tersebut akan menjatuhkan cukup banyak daun kering setiap harinya. Dan akhirnya jadi kerjaan rutin kamu tiap hari untuk menyapu dan membersihkan halaman dari daun kering tersebut.

Supaya jerih payah kamu menyapu daun kering tersebut tidak hilang percuma, yuk coba kita ubah daun kering tersebut menjadi kompos yang sangat bermanfaat untuk tanaman di rumah.

kompos adalah jenis yang sangat dibutuhkan oleh tanah untuk menjaga kesuburannya. Tanah yang subur sangat dibutuhkan oleh tanaman agar bisa mendapatkan nutrisi. biasanya berisikan bahan-bahan organik yang sudah terdekomposisi menjadi bentuknya seperti tanah hitam biasa. Bahan-bahan organik ini bisa berupa sisa-sisa tanaman atau kotoran hewan, yang dibantu oleh mikroorganisme tertentu terurai menjadi pupuk kompos.

Nah kalau kamu sekarang punya suplay daun kering yang cukup banyak, kamu bisa mulai mencoba membuat kompos sendiri di rumah.

Cara Membuat Kompos Dari Daun Kering

Kompos daun kering 2 metode

1. Gali lubang di tanah

Cara paling mudah ini bisa dilakukan apabila kamu masih memiliki halaman yang cukup luas. Daripada sampah daun kering kamu bakar atau malah kamu biarkan dibawa tukang angkut sampah ke TPA, lebih baik daun kering tersebut kamu masukkan ke dalam lubang di dalam tanah. Lubang itu bisa kamu pagari dengan batu bata dipinggirannya atau dibuatkan pagar dari kawat ayam. Biarkan saja, nanti juga daun-daun kering itu akan berubah menjadi kompos. Apalagi bila posisi lubangnya berada di area yang terkena hujan, maka daun kering akan lebih cepat terdekomposisi menjadi kompos.

2. Karung bekas

Kalau kamu sudah tidak punya area lagi untuk membuat lubang kompos, kamu bisa memanfaatkan karung bekas. Karung bekas yang akan digunakan adalah karung bekas yang tembus udara. Kalau pun kamu mau pakai karung bekas yang terbuat dari plastik, kamu bisa buat lubang-lubang di karung agar udara masih bisa masuk dan bila ada air juga bisa keluar. Masukkan daun-daun kering ke dalam karung bekas. Simpan di area teduh supaya daun tidak kering. Kalau daun-daunnya menjadi kering, semprotkan air agar lembab kembali. Ini sebabnya kamu harus menggunakan karung yang masih tembus udara atau masih bisa dilewati air.

Nah dua cara di atas adalah cara paling mudah untuk membuat kompos daun. Hanya saja perlu diingat bahwa proses penguraian daun kering menjadi kompos bila tidak dibantu dengan beberapa proses maka jadinya akan lebih lama. Karena yang melakukan proses penguraian daun kering itu menjadi kompos adalah mikroorganisma yang berukuran sangat kecil. Jadi bila ingin daun-daun kering lebih cepat menjadi kompos maka yang harus dilakukan adalah membantu si mikro organisma ini agar bisa bekerja lebih aktif.

Tips Agar Daun Kering Bisa Jadi Kompos Lebih Cepat

1. Cacah daun kering menjadi berukuran lebih kecil

Daun kering yang berukuran kecil lebih cepat terdekomposisi menjadi kompos daripada daun kering yang berukuran besar. Karena itu kalau ingin kompos daun kering kita jadi lebih cepat, maka sangat dianjurkan untuk mencacah daun kering tersebut. Caranya bisa dengan menggunakan atau sekop yang ditusuk-tusukkan ke tumpukkan daun kering agar menjadi potongan yang lebih kecil.

2. Beri atau Ecoenzym atau EM4

Proses dekomposisi daun kering menjadi kompos sangat membutuhkan bantuan mikro organisma yang berukuran sangat kecil. Mikro organisma ini sudah tersedia di tanah secara alami, namun bila kamu memasukkan daun kering ke dalam karung, maka kita harus menambah dan memperbanyak mikro organisma ini. Caranya bisa dengan menggunakan Larutan EM4 (EM dari singkatan Effective Microorganism) yang bisa dibeli di toko pertanian. Atau bisa menggunakan yang pasti ada di rumah. Proses pengomposan akan lebih cepat berlangsung bila daun kering dalam keadaan lembab, dan akan lebih baik bila dilembabkan dengan air cucian beras, atau Eco Enzym bila kamu membuat Eco Enzym di rumah. Kalau mau praktis bisa menggunakan cairan EM4 pertanian yang banyak dijual di toko-toko perlengkapan berkebun.

3. Aduk atau bolak-balik tumpukan daun kering

Pengomposan daun kering akan lebih cepat bila bakteri jenis aerob bisa mendapatkan udara. Jadi akan lebih baik bila secara berkala daun kering dibalik. Mudahnya sih, tiap kali dilakukan penambahan daun kering maka pada saat itu daun yang baru diadukkan ke tumpukan daun yang sudah ada.

Dengan tambahan 3 perlakuan seperti di atas, maka daun kering akan lebih cepat terurai menjadi kompos.

Selamat mencoba.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.