Cara Mudah Memupuk Anggrek Agar Rajin Berbunga

Anggrek adalah salah satu bunga eksotik yang disukai banyak orang. Keindahan bentuk bunga yang sederhana dipadu dengan kerumitan jalur pertumbuhan di batangnya memang mempesona. Namun, bunga anggrek sering dianggap sebagai bunga yang cukup repot dalam perawatannya. Benarkah?

Memang yang kita perlu tahu bahwa anggrek yang indah dan eksotis ini memiliki kebutuhannya sendiri karena ia adalah bunga yang tumbuh tanpa media tanam seperti tanaman lainnya. Untuk membuat Anggrek rajin berbunga, harus diperhatikan kebutuhan pupuknya. Sebab disinyalir, tanaman anggrek malas berbunga saat kita lupa atau terlambat memberinya pupuk. Jadi, apa solusi hal ini saat kita sibuk dan tidak sempat memberi bunga anggrek kita. Bagaimana cafa mudah kita untuk memupuk anggrek tanpa merasa harus kerepotan menyediakan waktu

Jika waktu kita terbatas, ada cara mudah untuk memberi pada anggrek kita. Caranya sebagai berikut.

1. Siapkan 10 butir NPK. Pupuk NPK adalah pupuk buatan yang berbentuk cair atau padat yang mengandung unsur hara utama nitrogen, fosfor, dan kalium. Pupuk NPK merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang paling umum digunakan.

2. Bungkus 10 butir tadi dengan kain kasa dan gantungkan pada media tanam. Gantungkan kain kasa ini dengan posisi di atas akar.

3. Saat kita menyiram anggrek, maka tadi akan larut sedikit demi sedikit dan diserap oleh akar.

4. Jangan lupa mengecek saat kain kasa tadi sudah mengempis atau saat pupuk sudah habis, untuk menggantinya dengan yang baru.

Selain pupuk NPK buatan pabrik itu kita juga bisa membuat pupuk anggrek sendiri dari tanaman petai cina. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Ambil daun dan batang daun petai cina. Tumbuk secara rata atau jika mau bisa diblender. Campurkan secara merata. Setelah halus dan tercampur secara merata, taburkan di sekitar akar anggrek kita. Berikan ini secara rutin setiap sepekan sekali minimal dan lihat hasilnya dalam sebulan.

Untuk menyuburkan tanaman anggrek, kita juga bisa memberikan vetsin yang bisa langsung ditaburkan di sekitar akar anggrek atau dilarutkan dulu dengan air lalu disemprotkan ke akar anggrek.

Anggrek yang terserang bakteri juga bisa diberikan pengobatan awal dengan menggunakan tablet antibiotik. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan bagian tanaman anggrek mana yang terserang bakteri, ditandai dengan sebagian batang atau akar yang membusuk tanpa terlihat lendir. Pisahkan dari tanaman anggrek yang lain, kemudian potong bagian anggrek yang membusuk.
  • Tumbuk halus 2 tablet antibiotik dan mencampurnya dengan air 100 ml. Masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan pupuk ini ke bagian-bagian anggrek yang masih bisa diselamatkan. Bisa juga dengan cara dioleskan.

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.