Cara Merawat Peralatan Berkebun

Anda yang suka berkebun, mungkin seperti saya, yang terkadang malas membersihkan serok atau pangkas dari tanah dan lumpur, yang akhirnya peralatan berkebun saya pun berakhir dengan tumpukan dan kerak tanah yang lengket sulit dibersihkan.

Setelah berkali-kali membeli peralatan berkebun yang sama, saya baru mikir kenapa saya tidak mencoba merawat peralatan yang sudah saya miliki agar tidak terlalu sering membeli peralatan yang sama. Karena peralatan berkebun bisa tahan lebih lama bila dirawat dengan benar.

Yang paling utama adalah simpan peralatan Anda bila tidak sedang digunakan. Jangan biarkan peralatan berkebun Anda tertinggal di halaman berhari-hari terkena panas dan hujan. Bila sudah terlanjur terkena karat, anda bisa menggunakan cairan karat yang bisa dibeli di toko peralatan rumah dan bersihkan dengan sabut cuci. Untuk menghindari timbulnya karat lagi, olesi dengan sedikit untuk mencegah timbulnya karat dan membuat peralatan berkebun lebih mudah digunakan.

mata pangkas juga sebaiknya dilakukan rutin. Miliki pengasah pisau atau Anda bisa meminta tukang asah untuk menajamkan kembali gunting pangkas Anda yang sudah mulai tumpul. Bila gunting sudah patah atau bengkok dan tak dapat lagi digunakan, sebaiknya Anda beli gunting yang baru.

Bila pangkas sudah bersih dan tajam, lakukan rutin berikut : lap mata gunting hingga kering menggunakan halus. Setiap selesai memangkas ranting atau batang tanaman, tuangkan cairan pelarut seperti alkohol atau terpentin pada kain lap dan gunakan untuk membersihkan mata gunting dari getah tanaman yang menempel.

Selain perawatan, gagang kayu peralatan Anda bisa diampelas, dipernis lalu dicat ulang menggunakan cat enamel berbahan dasar agar tampilannya menjadi lebih sedap dipandang dan membuat Anda semakin semangat dalam berkebun.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.