Trik Membersihkan Wadah Makanan Bahan Plastik

Membersihkan wadah plastik seringkali merepotkan karena minyak atau lemak pada wadah plastik sulit untuk dibersihkan. Selain itu sisa minyak dan lemak akan menimbulkan yang tidak sedap dan warna plastik pun akan memudar apabila sering digunakan. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat dan membersihkan wadah plastik.

Menghilangkan Tak Sedap Pada Wadah Plastik

1. Untuk menghilangkan tidak sedap, letakkan wadah plastik di dalam freezer selama satu jam, atau panaskan di bawah terik matahari selama beberapa jam. Perhatikan juga bahwa wadah plastik bisa memudar bila terlalu sering terpapar sinar matahari langsung.

2. Jika belum juga hilang, olesi wadah dengan air jeruk lemon dan olesi dengan baking soda. Kemudian tutup dan diamkan hingga bau hilang. Setelah itu bilas dengan air bersih dan segera keringkan.

3. Cara lain adalah dengan memasukkan sobekan koran basah ke dalam wadah, kemudian tutup wadah rapat-rapat. Diamkan selama satu malam di dalam kulkas. akan terserap dalam koran basah. Keesokan harinya cucilah wadah hingga bersih.

Tips Lainnya :   Mencuci Kering Boneka Kotor

4. Masih juga? Campur cuka dengan air, rendam semalaman lalu esok harinya bilas dengan air dan sabun cuci piring.

5. Alternatif lainnya adalah dengan memasukkan kopi bubuk ke dalam wadah plastik, tutup rapat agar tak sedap diserap oleh bubuk kopi. Setelah itu wadah plastik bisa dibilas bersih.

Membersihkan Wadah plastik Yang Terkena

Warna cerah pada wadah plastik bisa memudar | Tara Winstead – pexels

Untuk membersihkan noda di wadah plastik, siapkan air hangat dan pemutih. Rendam wadah plastik yang bernoda dalam air hangat yang sudah dicampur pemutih selama 20 menit. Lalu angkat dan cuci dengan sabun cuci piring, kemudian bilas dengan air hangat.

Kalau kamu bisa membeli kaporit, bahan ini juga efektif untuk membersihkan noda pada wadah plastik. Campur 1 sdm kaporit dengan 1 liter air hangat, lalu masukkan larutan kaporit itu ke dalam wadah plastik. Tunggu selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Tips Lainnya :   Cara Menghilangkan Noda Luntur pada Baju Berwarna

Kedua cara tersebut di atas hanya bisa dicoba untuk peralatan plastik yang tidak digunakan untuk wadah makanan.

Untuk wadah makanan berbahan plastik, untuk menghilangkan noda yang menempel bisa dicoba dengan mengoleskan minyak sayur pada bagian wadah plastik yang terkena noda. Lalu diamkan selama 15 menit, kemudian bisa digosok dengan sabut cuci piring atau loofah. Hindari menggunakan sikat yang keras atau tajam karena bisa melukai permukaan plastik. Permukaan plastik yang sudah baret-baret bisa menyimpan dan lemak yang menempel sehingga baunya akan lebih sulit untuk dihilangkan. Setelah disikat, wadah plastik bisa dibilas dengan air hangat untuk menghilangkan noda dan minyak sayur.

Agar Warna Wadah Plastik Tidak Mudah Pudar

Wadah plastik bila sering dicuci dengan sabun, lama-kelamaan warnanya akan memudar. Untuk mempertahankan warna wadah plastik Anda, oleskan minyak kelapa dengan menggunakan kapas/kuas ke seluruh permukaan wadah palstik. Kemudian cuci wadah dengan sabun cuci piring dan keringkan. Dengan cara ini, warna wadah plastik Anda akan lebih terjaga. Apabila Anda tidak ingin bagian dalam wadah plastik diliputi minyak, maka olesi saja bagian luarnya.

Tips Lainnya :   Cara Membersihkan Karpet Agar Warnanya Tidak Kusam

Selain itu hindarkan wadah plastik dari sinar matahari langsung, karena selain bisa memudarkan warna plastik. juga bisa menyebabkan wadah plastik menjadi getas dan mudah patah atau robek.

Selamat mencoba.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.