Tips Merawat Ikan Mas Koki Agar Warnanya Tetap Kinclong

Memelihara di di dalam ruangan, umum dilakukan orang agar bisa menikmati keindahan warna ikan setiap saat. Namun lama kelamaan kamu mungkin memperhatikan warna kesayangan mulai memudar. Apa yang harus kita lakukan agar keindahan warna cerah ikan mas koki kita bisa kembali lagi?

Tips Merawat

1. Pengaruh Sinar Matahari pada Warna Mas Koki.

Sinar matahari membuat sehat dan warna pun akan semakin cerah. Mas koki sangat membutuhkan sinar matahari agar pigmen warnanya berkembang.

Bila tidak memungkinkan meletakkan di bawah sinar matahari, maka bisa menggunakan lampu UV sebagai pengganti sinar matahari. Pilih lampu UV yang berkualitas dan sesuaikan dengan ukuran akuarium. Misalnya akuariuam berukuran sekitar 120 cm bisa menggunakan lampu UV 40 watt.

2. Berikan spirulina untuk pembentukan warna.

Spirulina terdapat pada lumut-lumut yang tumbuh di kolam. Tak heran yang dipelihara di kolam yang terkena sinar matahari dan mengonsumsi lumut yang terdapat pada kolam akan terlihat lebih cerah daripada ikan mas koki yang dipelihara di dalam ruangan minim cahaya matahari dan memang disetting agar air selalu jernih.

Selain lumut, spirulina juga ada di pakan yang ditujukan sebagai Color Enhancer atau pencerah warna. Namun apabila kamu memiliki Mas Koki yang berwarna putih, maka porsi food color enhancer ini harus diperhatikan sebab dia bisa membuat warna putih pada tubuh ikan berubah menjadi kekuningan. Segera hentikan pemberian pakan spirulina ini bila terlihat tubuh mulai menguning.

3. Jaga Suhu air sekitar 27 – 30 C.

karena kalau air terlalu dingin bisa memunculkan spot gelap pada tubuh ikan. Kalau misalnya suhu dingin tidak terhindarkan, maka sebaiknya ikan mas koki dijemur matahari pagi sekitar 2-3 jam. Kalau bisa di bawah jam 10 pagi supaya matahari belum terlalu panas dan juga jangan terlalu lama karena sinar matahari bisa memacu pertumbuhan lumut yang membuat air terlihat keruh hijau.

4. Jaga PH air Akuarium.

PH air yang bisa ditolerir ikan mas koki berkisar di PH 7.0 – 8.0. Ini idealnya, yang penting jangan sampai PH di bawah 5.0 atau diatas PH 10.0. Ikan mas koki bisa pingsan dan bahkan mati.

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.