Cara Menggoreng yang Benar

Minyak Goreng | Img:freeimages.com
Goreng | Img:freeimages.com

Bunda pasti memiliki pilihan sendiri akan minyak goreng. Saat ini, minyak goreng bermerk banyak jenisnya dan juga berbeda-beda komposisi campurannya. Tentu hal ini menguntungkan kita di satu sisi, sebab artinya pilihan kita akan semakin beragam. Sebaliknya di sisi lain, kita juga harus pintar memilih minyak dengan kualitas yang baik.

Namun, apa Bunda terkadang bingung, sebab baru sekali dipakai menggoreng, atau bahkan bahan yang akan digoreng pun masih belum habis,tapi minyak tersebut sudah terlihat keruh.

Jika hal tersebut Bunda alami, coba beberapa tips berikut dalam menggoreng. Sebab, ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan minyak goreng menjadi keruh.

1. Perhatikan panas api.
Mungkin api yang dipakai terlalu besar, sehingga minyak goreng jadi cepat keruh. Karenanya saat Bunda menggoreng, panaskan minyak secukupnya saja, yaitu dengan suhu sedang dan sesuai dengan ukuran bahan yang akan digoreng.

2. Pastikan bahan makanan terendam minyak sehingga matang dan kering merata.

3. Tiriskan minyak goreng setelah terpakai dan biarkan minyak dingin agar kotorannya mengendap.

4. Saring minyak dalam wadah bersih bertutup dan buang kotorannya.

Perhatikan, jika kita menggoreng dengan banyak bumbu dan tepung, minyak goreng memang akan sedikit keruh. Jika minyak sudah tersimpan baik, maka minyak goreng yang sudah sekali pakai ini bisa dipakai 2-3 kali lagi.

Bagaimana Bunda? Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *