Cara Menggoreng yang Tepat dan Tips Menyimpan Minyak Goreng Bekas

Apa kamu terkadang bingung, sebab baru sekali dipakai menggoreng, atau bahkan bahan yang akan digoreng pun masih belum habis, tapi tersebut sudah terlihat keruh.

Jika hal tersebut kamu alami, coba beberapa tips berikut dalam menggoreng. Sebab, ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan goreng menjadi keruh.

1. Perhatikan panas api dan suhu goreng.
Mungkin api yang dipakai terlalu besar, sehingga goreng jadi terlalu panas. Suhu minyak ideal untuk menggoreng adalah maksimal di 180 C. Bagaimana cara mengetahui suhu minyak panas tanpa harus pakai termometer?

Sederhananya adalah yang terlalu panas akan terlihat berasap. Kalau menggoreng dengan minyak yang terlalu panas, bahan makanan bisa cepat gosong di permukaan padahal bagian dalamnya belum matang.

Karenanya saat menggoreng, panaskan secukupnya saja, yaitu dengan suhu sedang dan sesuai dengan ukuran bahan yang akan digoreng.

2. Pastikan bahan makanan terendam sehingga matang merata.
Kita mengenal cara menggoreng ala deep fried yaitu menenggelamkan bahan makanan ke dalam goreng. Cara ini memastikan seluruh bahan makanan digoreng dengan minyak dan panas yang merata. Kekurangannya cara ini adalah membutuhkan minyak yang sangat banyak.

Tips Lainnya :   Cara Mudah Membuat Xiao Long Bao di Rumah

Bila tidak ingin melakukan deep fried, maka pastikan kamu membalik bahan makanan yang digoreng agar kedua permukaan makanan sama-sama mendapatkan dan panas yang merata.

3. Perhatikan jumlah makanan dalam sekali goreng.
Jangan memasukkan makanan terlalu banyak di penggorengan, karena kamu malah akan semakin lama dalam menggoreng karena suhu akan turun banyak. Dan kamu akan kerepotan sendiri saat harus membalik makanan yang digoreng. Masukkan saja sedikit-sedikit sesuai dengan ukuran wajan dan banyaknya minyak.

4. Jangan melempar makanan ke dalam penggorengan.
Kalau kamu takut tanganmu kecipratan minyak panas, makanan yang akan digoreng bisa kamu letakkan di ujung sendok penggorengan dan turunkan perlahan ke dalam minyak panas. Kalau kamu sudah mulai terbiasa, kamu bisa meletakkan makanan yang mau digoreng langsung dengan tanganmu perlahan diulurkan ke dalam minyak.

5. Cara menyimpan minyak goreng agar bisa dipakai lagi.
Bila baru sekali dipakai, mungkin kamu masih ingin menggunakan minyak tersebut untuk kebutuhan menggoreng berikutnya. Berikut cara terbaik menyimpang minyak goreng untuk bisa dipakai lagi:

  1. Saring minyak dalam wadah bersih bertutup dan buang kotorannya.
  2. Tutup rapat wadah penyimpan minyak agar tidak terkontaminasi kotoran apapun
Tips Lainnya :   Resep Pho Bo , Mie Kuah Kaldu Sapi Vietnam ala Rumahan

Perhatikan, jika kita menggoreng dengan banyak bumbu dan tepung, minyak goreng memang akan sedikit keruh. Jika minyak sudah tersimpan baik, maka minyak goreng yang sudah sekali pakai ini bisa dipakai 2-3 kali lagi.

Ohya walau baru dipakai menggoreng satu kali, bisa jadi minyak goreng itu pun sudah tidak layak pakai. Untuk mengetahui apakah minyak goreng bekas pakai masih layak dipakai adalah dari perubahan warna, walaupun sudah disaring masih terlihat gelap dan keruh. Ciri lainnya adalah bila dipanaskan, minyak goreng tidak layak pakai itu akan berbau gosong dan asapnya terasa perih bila terkena di mata.

Selamat mencoba 🙂

You Might Also Like

One Comment

  1. rudi

    wahh.. baru tahu nih tipsnya. thx..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: