Cara Penggunaan Rice Cooker Agar Awet

Rice Cooker tampaknya sudah jadi peralatan wajib ada di kebanyakan rumah. Selain bisa memasak nasi dan menjaganya tetap hangat, rice cooker masa kini juga punya tambahan aneka fitur untuk memasak dan juga membuat kue.

Bila dijaga dan dirawat dengan benar, rice cooker biasanya bisa awet tahan lama bertahun-tahun. Keluhan yang biasanya terjadi adalah bowl atau mangkuknya yang sudah baret-baret atau malah lapisan anti lengketnya pun sudah hilang.

Nah supaya rice cooker kita tetap awet dan dalam kondisi mulus selama bertahun-tahun, mari kita perhatikan apa saja yang harus dirawat dan dijaga.

Tips Lainnya :   8 Kiat Mencegah Rayap

1. Cara Kerja Rice Cooker

Pahami cara kerja Rice Cooker yang kalian miliki. Rice cooker masa kini sudah memiliki banyak menu yang memungkinkan kalian memasak aneka makanan. Untuk model rice cooker yang agak canggih bahkan memiliki program yang bisa diatur sesuai dengan masakan yang ingin dibuat.

2. Kapasitas Rice Cooker

Pastikan kalian tahu kapasitas rice cooker yang dimiliki, terutama ketika kalian ingin membuat sup. Jadi dengan mengetahui kapasitas rice cooker, kalian bisa menyesuaikan dengan jumlah bahan resep sup yang hendak dibuat. Kalau ternyata resep yang hendak kalian coba tidak cukup di bowl rice cookernya, maka sebaiknya dibuat setengah resep saja supaya tidak meluap.

Tips Lainnya :   Cara Memasak Pasta Penne dengan Rice Cooker

3. Jangan gunakan sendok tajam atau logam

Karena umumnya bowl rice cooker memiliki lapisan anti lengket, maka hindari menggunakan sendok yang terbuat dari logam atau berujung tajam untuk mengaduk bahan yang ada di dalam bowl rice cooker. Sebaiknya gunakan sendok kayu atau silicon.

4. Jangan cuci beras dalam bowl rice cooker

Kebiasaan mencuci beras langsung di bowl rice cooker sebaiknya ditinggalkan. Mencuci beras di rice cooker bisa menyebabkan bowl rice cooker tergores halus karena terkena bulir-bulir beras saat dicuci.

Tips Lainnya :   Tips Merawat Kacamata

5. Bersihkan selalu rice cooker

Sesudah digunakan, cuci bowl atau mangkuk rice cooker dengan air sabun hangat, bilas bersih dan lap hingga kering. Bagian luar rice cooker jangan dicuci, cukup dibersihkan dan diseka dengan lap yang lembab. Pastikan sudah mencabut kabel listrik saat membersihkan bagian luar dari rice cooker.

6. Jangan mencongkel kerak nasi

Jangan mencongkel kerak nasi yang mengeras di bagian dasar bowl atau mangkuk rice cooker karena akan merusak permukaan rice cooker.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya