Cara Mengecek Selang Tabung Gas dan Mengatasi Kebocoran Gas di Rumah

Kompor gas saat ini banyak digunakan oleh banyak ibu rumah tangga, khususnya di kota-kota besar. Hal ini berarti ada di hampir setiap rumah. Memiliki tabung gas artinya kita harus bisa lebih berhati-hati. Tentu kita mengingat berita ketika ada tabung gas yang meledak, yang bisa mengakibatkan kecelakaan yang cukup serius.

Ledakan akibat gas dipicu oleh konsentrasi gas yang terkumpul di ruangan akibat kebocoran. Biasanya ruangan yang berventilasi minim sangat rawan akan ledakan gas apabila terjadi kebocoran gas. Gas yang keluar perlahan-lahan akan tidak bisa hilang ke udara sebab ruangan yang tidak berventilasi.

Karenanya, kebocoran di selang harus dideteksi sedini mungkin. Bila Anda kesulitan melakukan pengecekan kebocoran di tabung gas, Anda bisa mencoba cara sederhana ini.

Mendeteksi Kebocoran di Selang Gas

Langkah pertama, Campurkan 1 sendok makan cair cuci piring dengan sedikit air.
Langkah kedua, Lumuri cairan ini di bagian selang gas dengan merata.

Tips Lainnya :   8 Manfaat Teh untuk Perabotan Rumah

Jika selang bocor, maka gelembung udara akan terlihat di bagian tersebut. Jangan lupa, bila pengecekan telah selesai untuk membersihkan selang dari air sabun dengan kain bersih.

Mengatasi Kebocoran Gas

Nah setelah kita tahu bagaimana cara memeriksa apakah selang gas kita bocor atau tidak, lalu apa yang harus kita lakukan bila terjadi kebocoran gas di rumah kita? Jangan panik, perhatikan hal-hal berikut ini untuk mengantisipasi bila terjadi kebocoran gas di rumah.

1. Kenali gas bocor

Gas yang dipadatkan dalam tabung memang diberi khas yang menyengat hidung, gunanya memang agar bila terjadi kebocoran gas bisa cepat terdeteksi dari bau gas yang menyengat tersebut. Jadi begitu kita mencium bau gas yang khas ini, segeralah waspada dan bergegas melacak sumber kebocoran gas. Pastikan kompor telah dimatikan. Bila posisi kompor tidak ada yang sedang menyala, cabut regulator tabung LPG.

Tips Lainnya :   Cara Mencegah Kecoak Masuk Kamar Mandi

2. Segera buka jendela atau pintu ruangan dimana berada

Begitu tercium gas dalam ruangan, segera buka semua pintu keluar masuk udara di dalam ruangan tersebut, apakah itu pintu jendela atau pintu ruangan. Hal ini dimaksudkan agar bila memang ada gas yang bocor dan berada di dalam ruangan bisa segera buyar dan keluar ruangan tersebut. Akan sangat berbahaya sekali bila gas bocor berada dalam ruangan yang tertutup rapat, karena ada sedikit percikan api saja bisa menimbulkan ledakan. Bahkan menyalakan saklar lampu saja bisa memicu ledakan juga. Karena itu penting sekali memastikan ventilasi ruangan segera dibuka begitu tercium bau gas.

3. Pastikan kompor dalam keadaan mati

Segera matikan kompor yang masih menyala dan juga perangkat listrik yang mungkin sedang digunakan di dalam ruangan tersebut. Untuk mencegah adanya percikan api yang bisa memicu ledakan gas.

Tips Lainnya :   Cara Membuat Wajan Biasa Jadi Wajan Anti Lengket

4. Jangan nyalakan api dan listrik saat gas bocor masih tercium

Bila bunyi desis terdengar dari regulator, coba perbaiki regulator. Namun bila gas masih juga tercium, bawa keluar ruangan, dan segera telpon Call Center Pertamina 135 terkait masalah ini karena bisa jadi kita mendapatkan tabung gas yang tidak layak.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.