Membersihkan Selang Air

yang sering digunakan biasanya selalu dalam keadaan basah. Dan terutama untuk selang yang berada di luar rumah dan terpapar sinar matahari maka di bagian dalam selang air seringkali tumbuh lumut. Coba perhatikan adanya warna gelap di bagian dalam selang, nah itu adalah lumut. ini akan terlihat jelas bila selang yang digunakan berwarna terang.

Keberadaan di dalam selang akan membuat air yang dikeluarkan selang sering tidak bersih karena akan selalu ada lumut yang lepas dan terbawa oleh aliran air.

Tentunya kita ingin membersihkan yang berada di bagian dalam selang air, bukan? Mari kita lihat beberapa tips berikut, sebab ada beberapa cara yang cukup mudah untuk kita membersihkannya.

1. Ambil batu kerikil atau batu bata.

Tips Lainnya :   Mengkilapkan Furniture Kayu

Hancurkan batu bata ini sampai halus, lalu masukkan ke dalam selang, sambungkan ke dalam kran dan nyalakan keran. Aliran deras air dari keran akan membawa kotoran dalam selang mengalir keluar.

2. Keringkan selang selama 2 hari berturut-turut.

Tujuan mengeringkan selang agar yang lengket pada selang juga akan mengering dan lebih mudah terlepas. Lalu lakukan hal berikut : Pertama, injak-injak selama mungkin ( Ingat perhatikan, tidak semua selang air bisa untuk diinjak). Kedua, tancapkan selang di kran air dan buka selebar-lebarnya. Biarkan air mengalir deras melalui selang itu. yang kering dan rontok dari selang akan terbawa aliran air.

3. Ambil potongan sponge.

Pertama, masukkan potongan sponge ke dalam selang. Pastikan sponge yang kamu masukkan bisa memadati ruang dalam selang. Kedua, sambungkan dengan kran dan buka kran lebar-lebar sehingga aliran air yang keras dapat mendorong potongan sponge yang dimasukkan.

Tips Lainnya :   Menghilangkan Lumut di Kamar Mandi

4. Gunakan bahan kimia kerak.

Untuk membantu efektivitas langkah no.3 bisa dibantu dengan meneteskan beberapa tetes cairan kimia kerak ke dalam selang, lalu masukkan sedikit air, dan diamkan sejenak agar cairan pembersih bereaksi. Lalu masukkan sponge seperti langkah no. 3 diatas. Pastikan air dari keran memang cukup kuat untuk mendorong sponge, akan lebih baik bila dibantu dengan pompa dorong. Ketika sponge sudah keluar selang, bisa dimasukkan lagi dan diulang sampai selang benar-benar bersih.

Sebagai catatan, lakukan cara yang telah dipilih sampai beberapa kali sehingga selang benar-benar bersih.

Untuk menghindari lumut yang tumbuh pada selang kita yang terletak di luar rumah, sebaiknya kita memilih selang yang berwarna hitam gelap sehingga sinar matahari tidak bisa masuk ke dalam selang. Lumut tumbuh subur di dalam selang yang basah karena adanya sinar matahari yang bisa mencapai air yang tergenang di dalam selang.

Tips Lainnya :   Membersihkan Bagian Bawah Setrika dari Kerak

Selamat mencoba 🙂

Cek Yang Ini:

1 Comment

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: