Cara Membersihkan Karpet Agar Warnanya Tidak Kusam

yang sering dipakai lama kelamaan warnanya akan memudar atau berwarna kusam. Tingkat kekusaman karpet sangat tergantung dengan seberapa sering karpet tersebut diinjak dan diduduki.

Untuk mencerahkan kembali warna yang tidak terlalu kusam dan kotor, kamu bisa lakukan perawatan rutin dengan ampas dauh teh kering, dan baking soda:

dengan vacuum cleaner (Perawatan rutin)

  1. Campurkan daun teh halus (kering) dengan garam, aduk sampai rata.
  2. Percikkan campuran tersebut ke atas karpet secara merata.
  3. Setelah didiamkan selama satu jam, sedotlah dan daun teh tersebut dengan vacuum cleaner atau gosoklah dengan sikat lembut.

Bila tidak memiliki daun teh halus, bisa hanya dengan menaburkan sejumlah besar atau baking soda ke atas permukaan karpet, diamkan selama satu jam lalu kemudian sedot dan bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner. Penggunaan baking soda memberikan nilai tambah yaitu menghilangkan bau tidak sedap pada karpet.

Membersihkan karpet yang terlihat sudah sangat kusam

Bila karpet telah kelihatan sangat kusam, maka kamu perlu menggosok atau menyikat karpet tersebut. Tidak cukup hanya dengan menaburkan dan daun teh lalu disedot dengan vacuum cleaner.

1. Air dan Cuka

Untuk menyikat karpet yang berwarna kusam ini, siapkan campuran air dan cuka dengan perbandingan 10:1. Celupkan spons atau sikat halus ke dalam cairan cuka ini, lalu gosokkan ke permukaan karpet. Lalu celupkan lagi spons atau sikat halus ke dalam air bersih, lalu sikat kembali karpet sampai bersih. Jemur karpet sampai kering.

2. Air dan

Selain air dan cuka, bisa juga menggunakan campuran air garam. Celupkan sikat dan kibaskan agar tidak terlalu banyak membawa air, lalu sikat karpet dengan arah berlawanan dengan arah serat bulu karpet. Setelah itu jemur karpet sampai kering agar tidak lembab.

Demikian cara- agar tidak berwarna kusam dan tidak berbau. Yang paling baik adalah apabila kita secara rutin membersihkan karpet dengan atau baking soda dan lalu disedot dengan vacuum cleaner. Bila tidak memiliki vacuum cleaner, bisa saja disapu atau disikat dengan sikat khusus karpet agar tidak merusak permukaan karpet yang halus.

Semoga membantu.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.