Apa Yang Harus Dihindari Saat Mengilapkan Perabotan Kayu?

Ilustrasi:freeimages.com

Perabotan rumah yang terbuat dari , biasanya lama kelamaan menjadi terlihat kusam dan lapuk. Untuk mengembalikan kecemerlangannya, perabotan kayu ini tidak cukup hanya dibersihkan dengan air saja. Mungkin kamu bisa juga melakukan pelapisan vernis atau pelitur ulang pada perabotan kayu di rumah. Tapi ada cara yang lebih alami untuk mengembalikan kilap pada perabotan kayu di rumahmu.

Bahan Alami untuk Mengilapkan Perabot Kayu

Supaya perabotan kayu kamu terlihat bersih mengkilap kembali dan tidak cepat kusam, kamu bisa melakukan tips mudah berikut ini dengan bahan-bahan yang mudah didapat:

1. Air perasan .

Larutkan satu gelas air dengan dua sendok makan goreng ditambah dengan sedikit air perasan jeruk nipis. Celupkan bersih ke dalam larutan tersebut, peras sisa air lalu lap perabotan kayu Anda secara teratur agar hasilnya maksimal.

Tips Lainnya :   8 Manfaat Teh untuk Perabotan Rumah

2. Air .

Seduh beberapa kantong teh dengan 1 liter air. Celupkan kain lap halus ke dalam rendaman teh tersebut lalu peras. Gunakan kain lap halus tersebut untuk membersihkan permukaan perabot kayu Anda. Jangan biarkan perabot kayu dalam keadaan basah. Setelah dilap dengan kain lap yang dicelup dalam rendaman teh itu, pastikan perabot kayu Anda tidak terlalu basah atau keringkan lagi dengan lap halus yang kering.

3. .

Agar perabot kayu yang berpelitur bisa terlihat bercahaya kembali, Anda bisa menggunakan kemiri. Caranya: tumbuk kemiri secukupnya sampai halus. Bungkus bubuk kemiri tersebut dengan kain bersih, lalu pijit-pijit bungkusan tersebut sampai minyak kemiri muncul dari pori-pori kain. Usapkan kain yang sudah ada minyak kemirinya tersebut ke perabotan kayu Anda untuk mendapatkan hasil kilap.

Tips Lainnya :   Mengatasi Perkakas Bau Amis

Apa Yang Harus Dihindari Saat Membersihkan Perabotan Kayu?

Ketika membersihkan perabotan kayu, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar perabotan kayu kesayanganmu tidak menjadi rusak atau lapuk. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dihindari saat membersihkan perabotan kayu :

1. Jangan membiarkan perabotanmu basah atau lembab.
Setiap melakukan proses pembersihan dengan menggunakan air atau cairan, maka kamu harus memastikan perabotanmu dikeringkan kembali dengan menggunakan kain lap yang bersih dan kering. Dan hindari penggunaan air terlalu banyak yang bisa merendam kaki atau bagian-bagian kayu yang tidak terlapisi oleh pelitur atau vernis, karena air akan sangat mudah memasuki pori-pori kayu yang tidak terlapisi ini.

Tips Lainnya :   Merawat Kap Lampu

2. Jangan menggunakan sikat atau kain kasar.
Gunakan kain yang halus saat membersihkan permukaan kayu. Sikat atau kain kasar bisa merusak permukaan kayu, sehingga terlihat baret-baret atau garis-garis halus di permukaannya.

3. Jangan menggunakan sabun yang keras dan bahan kimia yang keras.
Sabun atau bahan kimia yang terlalu keras bisa merusak permukaan kayu.

2 Comments

  • I was very pleased to find this site.I wanted to thank you for this great read!! I definitely enjoying every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post.

    • Hi Hobgood87 ..
      Thank you for your appreciation .. Hope this site can really beneficial for people 😉

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya