Cara Menyimpan Makanan Kaleng Yang Sudah Terbuka

menyimpan makanan kaleng
Makanan Kaleng | Img:freeimages.com

Untuk alasan kepraktisan, saya memilih untuk menyimpan beberapa jenis makanan kaleng di rumah. Makanan kaleng ini berupa daging atau ikan olahan dan buah-buahan yang disimpan dalam sirup.

Kaleng tempat wadah makanan tersebut memang didesain untuk menyimpan makanan dalam jangka lama, dengan catatan wadah kaleng tersebut belum pernah dibuka. Bila sudah dibuka, maka kaleng penyimpan makanan tersebut sudah tidak layak lagi untuk menyimpan sisa makanan kaleng yang sudah terbuka.

Makanan kaleng yang tidak habis ini harus dipindahkan ke dalam wadah lain yang bersih. Bisa berupa wadah plastik atau kaca yang memiliki penutup yang kedap udara atau plastik perekat untuk mencegah makanan menjadi kering dan menghindari makanan terkontaminasi dengan bakteri dan kuman di udara.

Setelah ditutup rapat, sisa makanan kaleng disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Saya selalu menyimpan sisa makanan kaleng yang sudah dipindahkan ke wadah plastik atau kaca yang tertutup rapat ini di dalam kulkas. Dengan cara menyimpan seperti ini, makanan kaleng tersebut masih bisa disimpan lagi dalam jangka waktu yang lebih lama daripada dibiarkan disimpan di dalam kaleng wadah aslinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *