Cara Mencegah Kulkas Berjamur

Artikel ini bagian 15 dari 47 dalam serial Manfaat Bahan
Ilustrasi Dalam | img:freeimages.com

Anda mungkin pernah memperhatikan bagian dalam kulkas anda terutama di bagian dalam yang tidak terlalu dingin, misalnya pada bagian pintu bagian dalam atau kotak penyimpanan sayuran di bagian bawah, muncul bintik-bintik berwarna kekuningan atau hitam?

Kemungkinan besar itu adalah jamur atau cendawan yang memang dapat tumbuh di dalam kulkas.

Selain di bagian bawah, cendawan atau jamur juga dapat tumbuh pada karet pintu kulkas yang biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam.

Anda bisa membersihkan kulkas Anda yang berjamur dengan bahan-bahan yang mudah didapat, atau bahkan saat ini sudah ada di dapur Anda, yaitu dan . Anda bisa memilih menggunakan salah satunya.

Sebelum Anda melakukan pembersihan jamur di kulkas Anda, maka yang harus dilakukan adalah mematikan kulkas Anda terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mencabut kabel kulkas dari stop kontak, untuk mencegah korsleting listrik yang tentunya tidak kita inginkan.

Ketika Anda mematikan kulkas, sebaiknya Anda memastikan dulu bahwa dalam freezer atau chiller Anda tidak terdapat makanan yang akan membusuk bila dibiarkan di luar kulkas 2-3 jam lamanya. Untuk alasan kesehatan, sebaiknya Anda memang melakukan pembersihan kulkas di saat kulkas Anda tidak sedang menyimpan aneka bahan makanan agar bahan makanan Anda yang sudah beku tidak perlu mengalami thawing atau pencairan perlahan karena terpaksa dikeluarkan dari kulkas.

Membersihkan Kulkas dengan Cuka

Cuka bisa membersihkan sekaligus mencegah kulkas dari penjamuran. Usapkan kain lap bersih yang telah dicelupkan dalam cuka tanpa dicampur air ke bagian-bagian kulkas yang terlihat jamuran. Bersihkan secara merata sampai cendawan atau jamur hilang. Sebaiknya Anda melakukan hal ini dalam ritual pembersihan kulkas Anda agar kulkas tetap dalam keadaan bersih dan sehat. Harap diperhatikan bahwa tidak semua orang tahan dengan cuka. Dan bila memang Anda berkeberatan dengan cuka, mungkin Anda bisa mencoba metode lain dengan menggunakan Baking Soda.

Membersihkan Kulkas dengan Baking Soda

Baking Soda sudah cukup kita kenal sebagai bahan pengembang kue yang ternyata juga memiliki kemampuan sebagai pembersih aneka kotoran dan jamur yang membandel. Caranya:

  1. Masukkan satu sendok makan baking soda yang masih aktif ke dalam satu cangkir air hangat. Aduk rata dan perhatikan gelembung-gelembung yang muncul karena bila Anda tidak melihat ada gelembung-gelembung ini di dalam air, kemungkinan Baking Soda yang Anda miliki sudah tidak lagi aktif.
  2. Celupkan kain bersih ke dalam larutan baking soda ini. Peras secukupnya dan mulailah membersihkan seluruh bagian dalam kulkas dengan cara menyekakan kain lap yang sudah berlumuran baking soda ini.
  3. Setelah seluruh bagian kulkas dibersihkan dengan kain lap berbaking soda ini. Biarkan sejenak, lalu Anda bisa menggunakan kain lap bersih yang dicelupkan ke air bersih dan diperas sampai lembab. Lalu mulailah menyeka sampai bersih bagian kulkas yang tadinya sudah dibersihkan dengan larutan baking soda. Setelah semua bagian kulkas, sudah bersih, biarkan dianginkan sebentar sebelum Anda menghidupkan kembali kulkas Anda tersebut.

Tips ini sudah dibaca 12045 kali

Artikel dalam Serial ini: Membersihkan Anyaman RotanAneka Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.