Tips Pemakaian dan Perawatan Agar Kulkas Hemat Listrik

sudah menjadi salah satu kebutuhan penting hampir di setiap rumah. Memiliki kulkas artinya ada budget tambahan untuk yang diperlukan kulkas. Apalagi adalah salah satu perangkat listrik di rumah kita yang harus menyala 24 jam sehari tanpa henti. Penting bagi kita mengetahui bagaimana caranya bisa menghemat biaya listrik kulkas kita dan tetap optimal dalam menggunakan kulkas untuk keperluan sehari-hari.

Berikut adalah cara-cara menghemat untuk penggunaan kita di rumah :

1. Berikan jarak yang cukup antara kulkas dan dinding di sekitarnya.
Jarak kulkas dengan dinding minimal 10-15 cm dengan dinding dan sekitar 30 cm dengan langit-langit. Sebab, jika kulkas diletakkan di ruang sempit, mesin akan menjadi cepat panas dan beban kerjanya menjadi lebih berat. Sehingga untuk mencegah mesin kulkas cepat panas, harus disediakan cukup ventilasi dengan memberikan jarak yang cukup antara kulkas dan dinding.

2. Jauhkan kulkas dari sumber panas.
Jangan letakkan kulkas di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung atau sumber-sumber panas lainnya seperti dekat dengan kompor atau Oven. Karena bila terlalu dekat dengan sumber panas, bisa meningkatkan suhu mesin kulkas dan akhirnya kinerja mesin akan meningkat menyebabkan konsumsi yang berlebihan.

Tips Lainnya :   Cara Mencegah Kulkas Berjamur

3. Jangan terlalu sering membuka pintu kulkas.
Tiap kali pintu kulkas dibuka, maka suhu kulkas akan meningkat. Dan ketika kulkas ditutup kembali, maka kompresor kulkas akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan kulkas lagi. Bila kulkas tidak terlalu sering dibuka, suhu kulkas akan stabil dan artinya konsumsi juga akan optimal. Selain itu tiap kali pintu kulkas dibuka, maka otomatis lampu dalam kulkas juga akan menyala. Lampu yang menyala saat pintu dibuka akan menghabiskan energi, karena itu jangan terlalu lama membuka pintu kulkas.

4. Pastikan pintu kulkas tertutup dengan baik.
Kulkas terus bekerja mendinginkan makanan sesuai temperatur yang sudah ditentukan, tetapi jika tidak tertutup rapat, udara dinginnya terbuang percuma. Selain kompresor kulkas yang akan terus bekerja keras, makanan di dalam kulkas juga akan cepat rusak bila suhu kulkas tidak mencapai suhu optimal. Perhatikan posisi kulkas di lantai jangan sampai miring. Kalau kulkas berada dalam posisi miring, ada kemungkinan pintunya tidak akan tertutup dengan sempurna.

5. Aturlah temperatur kulkas sesuai dengan kebutuhan.
Semakin rendah temperatur (semakin dingin), semakin banyak energi yang diperlukan kulkas untuk proses pendinginan. Jika ingin menghemat energi, sebaiknya menyetel tombol temperatur satu level di atas garis tengah saja. Kecuali jika di dalam kulkas menyimpan makanan yang rentan busuk bila suhu kurang dingin seperti susu segar misalnya.

Tips Lainnya :   Cara Mencegah Kulkas Berjamur

6. Jangan memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam kulkas.
Kulkas bagian chiller jangan dipenuhi dengan bahan makanan sehingga tidak tersisa ruang sirkulasi udara dingin lagi. Kulkas bekerja mendinginkan bagian dalamnya dengan menggunakan kipas yang akan memutar udara dingin di seluruh bagian dalam kulkas. Saat kulkas terlalu penuh, dia akan menghambat proses perputaran udara dingin dan kompesor akan bekerja lebih keras untuk bisa mencapai suhu optimal kulkas.

7. Hindari menyimpan makanan panas atau hangat dalam kulkas.
Tunggulah hingga makanan itu dingin baru disimpan di dalam kulkas. Makanan atau minuman panas turut memengaruhi suhu dalam kulkas dan menyebabkan kerja mesin bertambah berat.

8. Periksa sekat karet yang menempel di pintu kulkas.
Biasanya sekat ini akan mengendur seiring berjalannya waktu. Udara luar bisa mudah masuk dan mengacaukan suhu di dalam kulkas. Mesin kulkas akan bekerja lebih keras mendinginkan isi kulkas sesuai dengan temperatur yang sudah ditentukan. Lakukanlah perbaikan apabila ada lubang lain yang memungkinkan udara luar masuk.

Tips Lainnya :   Cara Mencegah Kulkas Berjamur

9. Matikan kulkas jika hendak bepergian ke luar kota selama beberapa waktu.
Setelah mengosongkan isi kulkas, lap dulu bagian dalam kulkas sehingga tidak ada bagian yang lembab dan basah. Dan biarkan pintu kulkas terbuka agar bagian dalam kulkas terutama yang di bagian mesinnya tidak lembab. Bila lupa membuka pintu kulkas, bagian dalam mesin kulkas bisa berkarat terutama di bagian mur dan baut kipas dan akhirnya mesin kulkas pun tidak bisa lagi mendinginkan bagian dalam.

10. Bersihkan bagian-bagian kulkas secara teratur agar kerja mesin jadi ringan.
dapat menyumbat saluran pembuangan dan udara sehingga mengakibatkan mesin harus bekerja lebih keras. Biaya yang keluar pun lebih banyak.

Nah, ternyata sedikit perlakuan dalam memakai kulkas bisa menghemat pemakaian dari kulkas kita.
Selamat mencoba:)

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.