Cara Menyimpan Tomat Agar Segar Lebih Lama

merupakan buah sayuran yang kerap ada dalam hidangan kita sehari-hari. Tomat dapat diolah menjadi masakan dan juga minuman. Untuk penggunaan lebih lama, tomat dalam disimpan dalam kulkas, namun sebenarnya menyimpan tomat dalam akan mengurangi kelezatannya.

Suhu dibawah 10C seperti suhu dalam akan mengganggu kematangan tomat. Tomat akan menjadi merah dalam kulkas tetapi tidak lagi mengandung banyak air dan rasa manisnya pun berkurang. Karena itu tomat akan lebih lezat bila disimpan dalam suhu udara biasa di dapur.

Tips Menyimpan Tomat Segar

Berikut adalah beberapa tips menyimpan tomat:

1. Menyimpan Tomat Segar di luar

Jika Anda mempunyai tempat tomat yang bersuhu antara 12 C- 21 C, maka tomat yang tua dan menjelang merah dapat disimpan dalam jumlah banyak selama 4-6 minggu. Tomat yang telah berwarna merah dapat dikeluarkan bertahap untuk dikonsumsi.

Tips Lainnya :   Tanaman Renyah Pot Styrofoam

2. Menyimpan Tomat Kalengan

Tomat dalam kaleng dapat disimpan di tempat kering bersuhu ruang selama 6 bulan selama kaleng belum dibuka. Apabila tomat kalengan dibuka dan tidak habis dikonsumsi, sisa tomat harus segera dipindahkan ke dalam wadah gelas atau yang bersih kemudian dimasukkan ke dalam kulkas. Bila tidak dipindahkan akan mengakibatkan tomat berbau kaleng. Tomat kalengan yang telah dibuka masih dapat disimpan selama 1 minggu.

3. Membekukan Tomat

Untuk menyimpan dalam waktu lama, tomat juga dapat dibekukan. Bekukan tomat dalam keadaan bulat utuh atau bisa juga dalam keadaan telah diiris-iris. Simpan tomat di dalam kantong tertutup di dalam freezer. Bila dikeluarkan dari freezer tomat akan menjadi seperti bubur, tetapi rasanya tetap enak untuk dimasak sebagai hidangan sup atau saus tomat. Untuk keperluan masakan lain, tomat yang telah dibekukan tidak dapat menggantikan tomat segar.

Tips Lainnya :   Cara Mengelola Gaji

4. Saus Tomat dan Puree Tomat

Saus tomat buatan sendiri dapat dibekukan sampai 2 bulan dalam wadah yang tertutup rapat dalam freezer. Selain saus, tomat juga bisa dibuat puree. Cara membuatnya adalah rebus tomat sejenak agar mudah dikuliti kemudian diblender halus. Tomat ini dimasak hingga airnya berkurang. Hasil akhir tomat yang dimasak ini disebut dengan puree dan dapat langsung digunakan sebagai masakan atau dibekukan.

5. Mengeringkan Tomat

Tomat dapat diawetkan dengan cara mengeringkannya dengan cahaya matahari. Cara mengeringkan tomat:

  • Belah tomat menjadi 2 bagian, kemudian dijemur di atas kawat kasa di bawah sinar matahari
  • Tomat dijemur sambil dibolak-balik sampai kering.
  • Selama pengeringan harus dijaga dari kemungkinan terkena air hujan
  • Tomat kering yang diolesi zaitun rasanya lezat dan bisa disimpan dalam selama 6-9 bulan dalam wadah kering dan tertutup

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: