Tips Membeli Mesin Cuci Sesuai dengan kebutuhan

sudah menjadi salah satu barang yang masuk kategori wajib dimiliki oleh rumah tangga. Terlebih lagi untuk rumah tangga yang tidak memakai jasa asisten rumah tangga, keberadaan mesin cuci akan sangat memudahkan kita dalam baju, baik dari segi waktu maupun segi tenaga. Saat ini, seiring dengan perkembangan teknologi, ada beragam macam desain dan fitur mesin cuci modern yang ditawarkan kepada para konsumen. Yuk kita bahas lebih jauh dalam Mesin Cuci agar kita tidak salah dalam memilih mesin cuci yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Pengetahuan apa saja yang dibutuhkan sebelum kita membeli mesin cuci? Secara garis besar, setidaknya ada 6 hal yang harus kita perhatikan, yaitu sebagai berikut.

1. Kapasitas mesin cuci yang dibutuhkan.
Mesin cuci untuk keluarga dengan jumlah 4 orang dan 7 orang akan berbeda dalam kebutuhan kapasitas mesin cuci. Kapasitas mesin cuci biasa disebutkan dalam kilogram. Kilogram disini maksudnya berat cucian dalam kondisi kering. Bila cucian dimasukkan melebihi kapasitas, akan mempercepat kerusakan mesin cuci.

Tips Lainnya :   Bayar Tukang Borongan atau Harian? Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan?

2. Daya yang dibutuhkan.
Mesin cuci akan digunakan setiap hari, oleh karena itu penting untuk mengetahui daya listrik yang dibutuhkan. Terutama mesin cuci ada yang memiliki fitur air panas yang cukup besar mengonsumsi daya listrik. Pastikan fitur air panas ini bisa diatur setting standarnya di-offkan untuk mencegah tagihan listrik melonjak di akhir bulan.

3. Garansi mesin cuci.
Mesin cuci yang bagus bergaransi sampai 10 tahun khusus untuk motornya. Ada juga yang bergaransi 5 tahun dan bahkan satu tahun. Makin lama garansinya, biasanya sih makin kuat juga daya tahan si mesin cuci.

4. Anggaran yang tersedia.
Nah ini sebenarnya yang paling penting. Kalau punya diatas 5 juta akan lebih leluasa memilih tipe mesin cuci yang dibutuhkan. Sementara budget di bawah 2 juta, bisa memilih di kategori mesin cuci 2 tabung. Ada juga sih mesin cuci top loading seharga 2 juta, tapi sebaiknya pastikan itu dari merek cukup terkenal dan ada dukungan teknis di kota tempat kamu membeli mesin cuci yaa…

Tips Lainnya :   Tips Mengatur Pakaian

5. Memastikan fitur yang dibutuhkan.
Untuk mesin cuci anggaran diatas 5 juta, bisa memilih front loading atau top loading yang biasanya lebih murah daripada front loading untuk kapasitas yang sama. Dan setelah memilih antara front loading atau top loading, maka bisa dilanjutkan dengan memastikan fitur yang diinginkan ada pada mesin cuci incaran kamu. Misalnya kamu butuh sekali mesin cuci yang bisa mencuci bahan kain yang halus seperti pakaian atau jilbab. Atau kamu butuh mesin cuci yang bisa mengeringkan minimal sampai 90% atau bahkan 100% ?

Tips Lainnya :   Cara Menghemat Air Saat Mencuci Baju

6. Ukur ruang yang tersedia.
Mesin cuci front loading lebih irit tempat karena pintunya terbuka ke depan. Artinya si mesin cuci bisa ditempatkan di bawah rak atau dalam laundry. Di bagian atasnya bisa kamu siapkan tempat untuk menyimpan perlengkapan cuci mencuci. Sementara mesin cuci top loading sudah pasti harus punya cukup ruang untuk membuka tutupnya ke arah atas. Jangan lupa ukur dimensi mesin cuci yaitu panjang x lebar x tinggi supaya bisa muat dalam ruangan yang sudah kamu sediakan untuk si mesin cuci.

Nah demikian tips membeli mesin cuci sesuai kebutuhan kamu dan tentunya sesuai dengan anggaran kamu juga kan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya