Selain Nasi, Apa Saja Yang Bisa Dimasak dengan Rice Cooker?

untuk memasak nasi, itu semua orang sudah pasti tahu. Tapi apakah cuma nasi yang bisa kita masak dengan menggunakan rice cooker?

yang terkini dan harganya cukup mahal, sudah memberikan menu-menu masakan yang bisa dimasak dalam rice cooker. Bahkan mereka juga sudah menyertakan daftar resep yang berisikan bahan makanan dengan takaran yang sudah pas dengan kapasitas Rice Cookernya. Sehingga kita tidak perlu lagi mengira-ngira takaran dari semua bahan yang akan dimasak.

Tapi kalau yang kita miliki adalah rice cooker dengan fitur standar, yaitu sekedar untuk memasak nasi dan menghangatkan makanan, apakah kita bisa tetap masak dengan rice cooker?

Baiklah. Sebelumnya kita pahami dulu cara kerja agar kita tahu kemungkinan masakan apa saja yang bisa kita buat di dalam Rice Cooker.

bekerja dengan cara merebus cairan dalam jumlah tertentu hingga mencapai suhu tertentu dan dalam periode waktu yang juga sudah ditentukan. Lalu ketika sudah matang, Rice Cooker akan menjaga makanan tetap hangat dengan menjalankan proses warming dengan tegangan listrik yang rendah. Proses ini secara sederhananya sama dengan proses pembuatan jenis sup yang tidak perlu proses masak langsung di atas api kompor.

Dengan cara kerja Rice Cooker seperti tersebut di atas, maka masakan yang bisa dimasak di dalam rice cooker diantaranya adalah Sup, Bubur, Mie Instan, Mashed Potato atau Tumbuk, Merebus Pasta, Memasak Agar-agar dan Telur Orak-Arik.

Untuk kamu yang tinggal di kost atau di tempat yang tidak memungkinkan memiliki banyak peralatan memasak, mengoptimalkan rice cooker untuk memasak aneka makanan tentunya adalah solusi yang efisisen. Nah bagaimana caranya agar bisa memasak aneka makanan dalam rice cooker? Yuk kita simak tipsnya berikut ini.

Tips Lainnya :   Cara Menggoreng Agar Kerupuk Mekar Sempurna

Cara Memasak Makanan Di dalam Rice Cooker

1. Memasak Sup Daging dengan Rice Cooker

Sup Daging bisa dimasak dengan Rice Cooker | Ivabalk – Pixabay

– Rebus Daging Terlebih Dahulu

Mengingat rice cooker memiliki fitur melimit waktu masak, maka apabila kita ingin memasak daging dengan rice cooker yang tidak memiliki menu khusus untuk memasak sup daging, maka kamu harus memasukkan bahan yang paling lama matangnya terlebih dahulu. Jadi dalam hal ini masukkan daging dulu untuk direbus sampai matang. Setelah daging matang, barulah masukkan bahan-bahan lainnya seperti bumbu-bumbu dan sayur-sayuran pelengkapnya.

– Lakukan pengukuran kapasitas panci rice cooker

Lakukan ini untuk pertama kali saja, terutama bila memang kamu masak sup dengan resepmu sendiri. Cara mengukur kapasitasnya adalah dengan memasukkan semua bahan yang sudah dipotong dan dicincang ke dalam panci rice cooker dan lihat apakah panci terlihat terlalu penuh atau tidak? Hal in perlu dilakukan untuk memastikan ketika nanti kamu memasukkan bahan dan air, maka isi sup-mu tidak akan meluber nantinya ketika air sup mendidih.

– Jangan membiarkan sup matang dalam mode Warm terlalu lama

Ketika memasak sup, tentu kita akan menekan tombol Cook dan ketika sudah matang, maka akan otomatis menjadi mode Warm. Yang perlu diingat adalah jangan membiarkan sup yang sudah matang dalam mode Warm terlalu lama, karena akan menimbulkan aroma gosong sebab mode Warm akan terus mematangkan bahan-bahan sup dalam panci.

2. Pasta Spaghetti dengan Rice Cooker

Angkat dan Tiriskan Pasta Spaghetti yang Sudah Matang dari dalam Rice Cooker | Katerina Holmes – Pexels

– Patahkan Spaghetti

Karena Spaghetti mesti direbus dalam kondisi tutup rice cooker tertutup, maka kamu mesti mematahkan batang spaghetti supaya muat di dalam panci rice cooker yang tidak terlalu tinggi. Tentu saja bila jenis pasta yang kamu masak bukan spaghetti, kamu tidak perlu memusingkan hal ini.

Tips Lainnya :   Cara Membuat Rendang Sapi Yang Empuk Dan Tahan Lama

Isi panci rice cooker dengan air, minyak zaitun dan air. Lalu masukkan spaghetti yang sudah dipatahkan. Klik tombol Cook.

– Lakukan beberapa kali siklus Cook

Memasak pasta membutuhkan waktu yang lebih lama daripada mematangkan nasi. Oleh karena itu mungkin kamu harus mengulangi beberapa kali siklus Cook. Cek kematangan spaghetti-mu dengan membuka tutup rice cooker, bila belum matang, pencet lagi tombol Cook.

– Saus pasta

Bila kamu bermaksud memasak saus pasta bersamaan dengan spaghetti, maka lakukan ketika spaghetti sudah matang dan airnya ditiriskan. Barulah masukkan saus pasta, aduk rata dan tekan tombol Cook satu siklus, lalu cek apakah semua sudah matang. Kamu juga bisa memasukkan sayuran lainnya seperti tomat, paprika dan zuchini setelah pasta matang.

Setelah spaghetti matang, angkat dan pindahkan ke wadah lain sekaligus. Jangan tinggalkan spaghetti di dalam panci rice cooker setelah matang karena kamu tidak ingin menyantap spaghetti yang lembek bukan?

3. Masak Mie Instan Komplet Dengan Telur dan Sayuran

Yang perlu diingat ketika memasak mie instan dengan rice cooker ini adalah sebaiknya bumbu dan minyak mie instan tidak dimasak bersama-sama dengan mie dalam rice cooker. Masukkan bumbu dan minyak mie instan dalam mangkuk, dan mie instan bisa diaduk dalam mangkuk tersebut untuk menjamin cita rasa bumbu mie instan yang kita harapkan tidak berkurang karena proses perebusan mie.

Ohya dengan rice cooker, kamu pun bisa memasukkan aneka bahan pelengkap mie instan lainnya sekaligus bersamaan ketika sedang merebus mie instan. Potongan bakso, telur dan sayur-sayuran tambahan bisa langsung kamu masukkan saat sedang merebus mie instan.

4. Masak Nasi Kuning dan Nasi Uduk di Rice Cooker

Cara membuat Nasi Kuning dan Nasi Uduk di Rice Cooker sebenarnya sama saja dengan memasak nasi putih biasa. Bedanya hanya pada saat sedang setengah mendidih, masukkan bumbu instan nasi kuning atau nasi uduk ke dalam rice cooker lalu aduk-aduk kemudian tutup dan biarkan sampai matang.

Tips Lainnya :   Cara Membuat Kentang Goreng Renyah

Bisa juga untuk membuat nasi uduk, dari awal air yang digunakan untuk memasak nasi adalah air yang sudah dicampur dengan santan dan bumbu nasi uduk.

5. Membuat Mashed Potato

yang akan digunakan untuk membuat mashed potato bisa direbus di dalam Rice Cooker. Cuci bersih dahulu kentangnya lalu masukkan ke dalam rice cooker yang sudah diisi air, lalu tekan tombol Cook. Begitu kentang matang dan sudah terasa lunak, angkat kentang dari dalam rice cooker. Lalu di bawah air mengalir, segera kupas kentang yang masih panas karena kentang yang panas lebih mudah dikupas dan selesai dikupas bisa langsung dihaluskan.

Setelah halus, masukkan ke dalam rice cooker yang sudah dibersihkan lalu tuangkan susu cair dan garam, tekan tombol Cook lalu aduk-aduk hingga mengental dan matang. Angkat dan taburi merica sesuai selera.

Demikian mudah dan cepat dengan menggunakan rice cooker. Nah setelah tahu ini, bisa dong sekarang kita optimalkan rice cooker kita untuk memasak makanan lainnya.

Selamat mencoba.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: