Saturday, October 24#PakaiMasker #StayAtHome

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Efek Sampingnya

Dalam dunia dapur kita pasti mengenal aneka macam minyak untuk menggoreng, seperti minyak kelapa, minyak jagung sampai dengan . Seperti halnya yang kita ketahui minyak zaitun terkadang dipilih sebagai alternatif membuat masakan lebih sehat karena memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, ternyata minyak zaitun juga bermanfaat untuk kesehatan wajah. Untuk itu berikut manfaat minyak zaitun untuk wajah, kandungan dari minyak zaitun sampai dengan efek yang ditimbulkan jika kita memilih meminum minyak zaitun setiap hari.

Kandungan Minyak Zaitun

Seperti halnya yang kita ketahui manfaat minyak zaitun sangat beragam. Dalam 100 mililiter minyak zaitun terdapat 884 kalori dan 100 gram lemak yang dapat mencukupi kebutuhan harian tubuh. Meskipun minyak zaitun mengandung lemak tinggi, tapi lemak ini adalah lemak tak jenuh tunggal atau lemak baik. Minyak zaitun sama sekali tidak mengandung karbohidrat, kolesterol dan lemak jahat.
Tidak cukup sampai disitu minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol. Polifenol adalah senyawa yang dapat melindungi sel tubuh dan juga bertindak sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Selain itu minyak zaitun juga mengandung vitamin E, omega-3, omega-6 dan juga vitamin K yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian dalam tubuh kita.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah

Memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap membuat minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat minyak zaitun juga bisa kita rasakan untuk membantu mempercantik kulit wajah. Kamu bisa mencoba menggunakan minyak zaitun selama di rumah saja untuk berikut ini.

  • Melembabkan Kulit
    Tidak hanya bisa membantu menangkal radikal bebas dan antioksidan, manfaat minyak zaitun juga bagus untuk melembabkan kulit. Dimana kita bisa mencampurkan krim pelembab wajah dengan beberapa tetes minyak zaitun untuk menghidrasi kulit agar tetap lembab dan halus. Terkhusus bagi kalian yang memiliki kulit kering dan mengelupas, kita bisa mengoleskan 1 sampai 3 tetes minyak zaitun ke area kulit wajah yang kering untuk membuatnya kembali lembab.
  • Menghilangkan Bekas Jerawat
    Manfaat minyak zaitun tidak hanya bisa membantu melembabkan kulit wajah kita yang kering. Bagi kita yang mempunyai permasalahan bekas jerawat yang mengganggu penampilan, menggunakan minyak zaitun juga bisa jadi pilihan. Kita hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun pada bekas jerawat di kulit wajah. Kemudian pijat perlahan sekitar 5 menit – 10 menit untuk membantu penyerapan minyak zaitun pada kulit. Tapi jangan sampai mendiamkannya lebih dari 10 menit.
  • Menghapus Rias Wajah
    Riasan yang menempel lama di kulit wajah akan menimbulkan jerawat jika tidak segera dibersihkan. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai pembersih riasan wajah sebelum mencuci muka. Cukup dengan mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun pada kapas, kemudian bersihkan semua riasan yang menempel dan bilas dengan menggunakan air hangat. Selain itu, jangan lupa bilas menggunakan sabun dengan ekstrak minyak zaitun untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Scrub Wajah
    Tidak hanya berfungsi untuk melembabkan kulit wajah, minyak zaitun juga bisa kalian gunakan sebagai scrub wajah khususnya bagi kamu yang memiliki tipe kulit wajah kering. Cukup dengan mencampurkan tiga sendok teh minyak zaitun dengan lima sendok teh garam laut kemudian pijat ke area wajah yang kering. Dengan menggunakan scrub minyak zaitun ini, tidak hanya mengelupas kulit kering namun juga melembabkan wajah.
  • Mengatasi Kulit Bermasalah
    Permasalahan kulit wajah memang sangatlah beragam, terkadang kulit terasa kering, gatal hingga meradang. Untuk mengatasi hal tersebut minyak zaitun juga bisa jadi salah satu cara untuk menghilangkannya. Cukup dengan mencampurkan beberapa sendok teh minyak zaitun dengan air hangat, kemudian bilas wajah kamu menggunakan air tersebut. Kandungan oleocanthal pada minyak zaitun akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman pada kulit wajah akibat peradangan.

Itu dia manfaat minyak zaitun untuk kulit wajah yang bisa kamu coba. Namun kalian tidak boleh sembarangan ketika menggunakannya. Apabila terjadi alergi maupun peradangan hentikan penggunaan minyak zaitun pada wajah kalian. Terlebih bagi kalian yang memiliki tipe kulit wajah sensitif, usahakan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Manfaat Minum Minyak Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah, manfaat minyak zaitun juga bisa dirasakan saat diminum. Ketika kalian meminum minyak zaitun maka akan mendapatkan beberapa manfaat. Manfaat minum minyak zaitun untuk tubuh antara lain,

  • Menyehatkan Jantung
    Manfaat minyak zaitun tidak hanya bagus untuk kesehatan wajah. Ketika kita meminumnya maka akan menyehatkan jantung. Dimana kandungan asam oleat lah yang dipercaya bekerja menyehatkan jantung ketika dikonsumsi. Kamu bisa meminumnya secara langsung maupun dicampurkan dengan jus serta digunakan untuk memasak.
  • Mengatasi Sembelit
    Sembelit menjadi salah satu masalah yang kerap mengganggu semua orang. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun permasalah tersebut bisa sedikit berkurang. Menurut penelitian yang dilakukan selama 4 minggu pada 50 pasien yang sedang melakukan cuci darah, meminum satu sendok teh minyak zaitun dapat menghasilkan feses yang lebih lunak.
  • Mencukupi Kebutuhan Lemak Sehat
    Seperti halnya yang kita ketahui, minyak zaitun mengandung lemak baik tinggi seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Oleh sebab itulah meminum minyak zaitun dipercaya dapat membantu memenuhi lemak baik dalam tubuh sehingga menjaga kesehatan jantung.
  • Menstabilkan Gula Darah
    Manfaat minyak zaitun tidak hanya berfungsi memenuhi lemak baik dalam tubuh. Meminum minyak zaitun juga dapat membantu menstabilkan gula darah. Menurut penelitian yang melibatkan 22 responden , meminum minyak zaitun dapat menurunkan kadar 22 % gula darah. Untuk itu bagi kalian yang memiliki penyakit diabetes maupun memiliki resiko penyakit tersebut, meminum minyak zaitun bisa membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.
  • Meredakan Inflamasi
    Kandungan yang ada dalam minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan lemak dalam tubuh. Ketika kita meminumnya bagian tubuh yang mengalami peradangan akan sedikit mengurangi rasa nyeri. Hal tersebut karena dalam minyak zaitun mengandung oleocanthal yang mirip dengan obat anti nyeri.

Tips Memilih Minyak Zaitun

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun secara optimal berikut tips yang bisa kamu lakukan sebelum memilih minyak zaitun. Karena perlu kamu ketahui tidak semua minyak zaitun yang dijual dipasaran memiliki kualitas baik. Berikut tips ketika kamu akan membelinya,

  1. Pilihlah kemasan menggunakan botol kaca dengan warna gelap
  2. Lihat tanggal produksi dan kadaluarsa minyak zaitun
  3. Pilihlah label minyak zaitun dengan label extra virgin olive oil
  4. Lihat nama pabrik dan tempat panen minyak zaitun tersebut
  5. Cicipi tekstur serta cium aroma dari minyak zaitun

Efek Samping Minum Minyak Zaitun

Meskipun memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, perlu kalian ketahui jika meminum minyak zaitun dalam jumlah berlebihan juga memiliki efek samping. Efek samping yang akan kamu peroleh jika mengkonsumsi minyak zaitun secara berlebih adalah,

  1. Berpotensi menambah berat badan
  2. Menimbulkan alergiĀ 
  3. Keracunan vitamin E

Itulah manfaat dari minyak zaitun bagi wajah dan efek samping yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Sebelum kamu memutuskan meminum maupun menggunakan minyak zaitun, jangan lupa konsultasikan ke dokter terlebih dahulu agar lebih aman dan tidak menimbulkan alergi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.