Kiat Merawat & Menyusun Buku

Buku | Img:freeimages.com
Buku | Img:freeimages.com
Ilustrasi Buku | Img:freeimages.com

merupakan gudang ilmu dan jendela dunia. Dengan buku, kita belajar dan bisa terus belajar dimanapun dan kapanpun. Bagi yang memiliki hobi membaca, maka memiliki buku pasti merupakan salah satu kebutuhan. Bagaimana cara kita merawat dan menyusun buku agar buku bisa awet dan kita mudah untuk menemukannya saat ingin membacanya.

Pertama, Berikan sampul

Saat baru pertama membeli buku, berilah sampul untuk tersebut. Sampul plastik yang agak tebal untuk buku dengan hard cover dan sampul plastik yang tipis jika sampulnya soft cover.

Kedua, Berikan label nama

Berikan label nama kita sebagai identitas agar mudah dikembalikan saat ada yang meminjam. Saat buku kita banyak dan bermacam-macam jenisnya, masukkan informasi jenis katagorinya. Misalnya berikan informasi: nama dan jenis buku (contoh, buku pendidikan)

Sebagai catatan, setelah label nama kita tempelkan di sampul atau dibaliknya, barulah buku kita pasangkan sampul plastik.

Ketiga, Susun dalam rak dengan posisi berdiri dengan urutan dari buku yang terbesar sampai yang terkecil.

Tips Lainnya :   Cara Agar Bunga Potong Segar Bisa Bertahan Lebih Lama

Keempat, Saat sudah banyak, susun buku berdasarkan katagori buku masing-masing. Berikan pembatas di setiap katagori tersebut kecuali Anda menyusunnya di setiap rak yang berbeda.

Baca Juga Cara Menyimpan Buku Kesayangan

Kelima, Letakkan rak ditempat yang memiliki pencahayaan matahari atau penerangan yang cukup agar buku tidak lembab.

Selamat mencoba 🙂

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.