Cara Membersihkan Sisir Rambut Yang Kotor

Cara kita memperlakukan sehari-hari akan sangat berpengaruh pada kondisi dan kesehatan rambut kita. Salah satu aktivitas yang setiap hari kita lakukan pada rambut adalah menyisirnya. Menyisir rambut tidak hanya berfungsi untuk merapikan rambut, namun juga memberikan manfaat untuk meratakan alami mulai dari bagian pangkal dekat kulit kepala, hingga ke ujung rambut. Minyak alami rambut yang melapisi rambut akan membuat rambut tampak bercahaya dan mudah diatur.

Untuk menyisir tentunya kita akan menggunakan sisir. Sisir yang kita gunakan setiap hari untuk merawat rambut kita lama-kelamaan akan menyimpan kotoran yang berasal dari rambut rontok, kulit kepala atau bahkan halus di tempat penyimpanan. Karena itu untuk menjaga rambutmu tetap sehat, maka kamu harus rutin membersihkan sisir yang kamu gunakan, paling tidak setiap dua minggu sekali.

Tips Lainnya :   Mengatasi Luka Bakar Ringan & Gigitan Serangga Dengan Pasta Gigi

Sisir yang kotor bisa menyebabkan banyak masalah untuk rambutmu, diantaranya adalah:

1. Ketombe

Penyebab ketombe memang bermacam-macam, diantaranya karena adanya jamur, dermatitis dan juga karena kondisi kulit kepala dan rambut yang kotor. Rambut yang kotor bisa jadi disebabkan karena jarang keramas atau juga karena menggunakan sisir rambut yang kotor.

2. Rambut terlihat lepek

Rambut yang kotor akan terlihat lepek dan berminyak, karena yang terus menerus diproduksi rambut akan lengket pada rambut. Dan ketika kamu sisir, maka minyak rambut dan kotorannya akan berpindah ke sisir. Sehingga walaupun kamu sudah keramas bersih rambutmu, kalau kamu masih pakai sisir yang kotor, maka kotoran itu akan kembali lengket ke rambutmu.

Tips Lainnya :   5 Tips Diet Makan Malam

3. Rambut mudah rontok

Sisir yang kotor akan memindahkan kuman ke rambutmu, dan kalau ini terus menerus terjadi kesehatan akar rambut akan terganggu sehingga menyebabkan kerontokan rambut.

Cara Mudah Membersihkan Sisir

Membersihkan sisir secara rutin berarti memastikan rambutmu juga bersih. Karena penggunaannya yang bersentuhan dengan kulit kepala dan rambut maka dan kotoran yang menumpuk pada sisir dapat memengaruhi kesehatan rambut. Oleh karena itu sempatkan secara rutin membersihkan sisirmu. Karena bila kamu terlalu lama membiarkan sisir tanpa dibersihkan, kotoran tersebut akan menjadi terlalu lengket. Kotoran yang sudah melekat di gigi sisir yang sudah lengket menjadi agak sulit untuk dibersihkan.

Tips Lainnya :   Cara Alami Menghilangkan Noda Bekas Jerawat di Wajah

Untuk sisir dengan kotoran yang lengket, kamu bisa mencoba tips berikut untuk membersihkannya:
Rendam sisir ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan baking soda atau soda kue. Tunggu beberapa saat. Kemudian angkat dan bersihkan dengan air bersih. Mungkin kamu akan membutuhkan sikat gigi bekas untuk mengorek sisa-sisa kotoran membandel yang lengket di sisir, atau mungkin cotton bud untuk membersihkan sela-sela sisir yang sulit dibersihkan.

Namun bila sisirmu tidak terlalu kotor, kamu cukup menggunakan air hangat dan sedikit untuk membersihkannya. Seminggu sekali membersihkan sisir dengan rutin rasanya sudah cukup untuk memastikan sisir yang bersih akan selalu membuat rambutmu rapi dan berkilau. Dan jangan lupa untuk menyingkirkan rambut rontok yang melekat pada sisirmu.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya