Wednesday, November 25#PakaiMasker #StayAtHome

Jangan Dibuang! Ini Aneka Manfaat Ampas kelapa

Adanya momen di rumah saja karena pandemi virus membuat kita harus memutar otak agar tidak mudah merasa bosan. Memasak jadi salah satu aktivitas yang dipilih banyak orang untuk mengisi waktu selama di rumah saja. Bagi kalian yang sedang belajar membuat masakan bersantan pasti akan meninggalkan ampas ketika memilih memeras kelapa sendiri di rumah. Ampas kelapa bagi sebagian orang langsung dibuang atau hanya menjadi pakan ternak saja. Tapi tahukah kalian sangatlah beragam? Mulai dari kecantikan sampai sebagai bahan pembuatan kue. Jadi, kalau punya ampas kelapa di rumah jangan terburu-buru untuk membuangnya, berikut manfaat ampas kelapa yang perlu kalian tahu.

Manfaat Ampas Kelapa

Seperti halnya yang kita ketahui manfaat ampas kelapa sangatlah beragam, mulai dari bermanfaat untuk kecantikan sampai untuk kesuburan tanaman. Untuk itu, berikut beberapa manfaat yang akan kalian peroleh ketika berpikir dua kali untuk membuang ampas kelapa,

1. Menghaluskan Kulit

Manfaat ketika kalian tidak membuang ampas kelapa adalah untuk menghaluskan kulit. Dimana penduduk di Afrika dan Karibia biasanya menggunakan ampas kelapa untuk mendetoksifikasi kulit. Khususnya bagi kalian yang memiliki tipe kulit berminyak, menggunakan ampas kelapa dapat menekan kadar minyak sekaligus membantu menghaluskan kulit. Cara untuk mengaplikasikannya juga cukup mudah, gunakan sebagai masker sisa ampas kelapa ini tiga kali seminggu secara rutin maka kamu akan mendapatkan kulit halus serta kadang minyak berkurang.

2. Melembabkan Rambut

Manfaat ampas kelapa tidak hanya baik untuk kecantikan kulit wajah tapi juga perawatan rambut. Teruntuk kalian yang memiliki rambut kering, menggunakan ampas kelapa bisa membuat rambut lebih berkilau, lembab dan cantik. Untuk penggunaan sendiri kalian bisa memakainya seperti ketika menggunakan sampo kemudian diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air bersih.

3. Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan, ampas kelapa juga akan membantu kalian menurunkan berat badan. Kalian bisa mengubah ampas kelapa menjadi tepung, dimana tepung tersebut mengandung protein tinggi, rendah lemak, karbohidrat dan bebas gluten. Kandungan dalam tepung ampas kelapa itulah ketika diolah secara benar akan membantu mengendalikan kegemukan, mencegah sembelit serta meningkatkan kandungan mineral tubuh.Kamu bisa mengolah tepung kelapa tersebut menjadi kue dan mengkonsumsinya untuk membantu menurunkan berat, dimana kandungan minyak dalam ampas kelapa tersebutlah yang membuat kita bisa kenyang lebih lama.

4. Mencegah Resiko Kanker

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, kandungan ampas kelapa juga berguna untuk mencegah resiko kanker. Dimana zat-zat yang terkandung di dalamnya seperti protein, bebas gluten, karbohidrat dan rendah lemak itulah yang akan membantu mengendalikan diabetes serta berbagai penyakit lainnya. Untuk cara mengaplikasinya sendiri kamu bisa mengolah ampas kelapa yang sudah menjadi tepung menjadi beragam hidangan seperti kue.

5. Scrub Wajah

Tidak hanya menghaluskan kulit ampas kelapa juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati diwajah. Dimana kita bisa memanfaatkan ampas kelapa tersebut sebagai scrub. Ketika kita ingin menggunakannya juga cukup mudah, hanya dengan menggosokkan ampas tersebut pada kulit wajah secara rutin, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Membuat Lantai Mengkilap

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan wajah, kalian juga bisa menggunakan ampas kelapa untuk membuat lantai mengkilap. Dimana sisa-sisa minyak yang terkandung pada sisa ampas kelapa itulah yang akan membantu lantai rumah terlihat lebih bersih dan kinclong.Untuk cara menggunakannya tebarkan sisa ampas kelapa keseluruh lantai, kemudian gosok dan diamkan beberapa menit. Selanjutnya bersihkan ampas tersebut dengan sapu dan seketika lantai akan terlihat bersih, mengkilap serta terasa kesat saat diinjak.

7. Bahan Pembuatan Kue

Manfaat ampas kelapa tidak hanya cukup sampai disitu. Kita juga bisa mengolahnya menjadi aneka macam kue, misalnya saja dalam pembuatan apem. Tapi perlu diingat ampas kelapa yang bisa dimanfaatkan untuk bahan dasar kue adalah yang melalui satu kali proses pemerasan. Mengapa demikian? Karena ampas kelapa yang baru sekali melalui proses pemerasan masih mengandung sari-sari dan tidak terlalu kering sehingga bagus jika diolah menjadi berbagai jenis hidangan.

Cukup beragam bukan manfaat ampas kelapa? Oleh sebab itu bagi kalian yang memiliki sisa-sisa ampas dari memeras santan sendiri di rumah, jangan langsung dibuang ataupun diberikan pakan ternak. Kalian bisa mengkreasikan lagi menjadi aneka macam hidangan nikmat saat dijadikan tepung maupun digunakan untuk kecantikan wajah. Untuk itu, yuk mulai memanfaatkan ampas kelapa daripada terbuang sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.