Wednesday, November 25#PakaiMasker #StayAtHome

Kandungan dan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Artikel ini bagian 43 dari 43 dalam serial Manfaat Bahan

Buah-buahan tidak hanya memiliki kandungan vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Lebih dari pada itu, kandungan nutrisi di dalamnya terkadang juga dijadikan pilihan sebagai pengganti sarapan maupun makan malam, misalnya saja buah pisang. Buah pisang tidak hanya jadi favorit pengganti menu makanan bagi mereka yang sedang diet, tapi juga sebagai bahan membuat aneka hidangan. Rasanya yang manis serta harganya yang terjangkau menjadikan buah kuning satu ini ramah di kalangan semua orang. Tapi apakah sebenarnya untuk tubuh serta apa saja kandungan nutrisi di dalamnya? Simak ulasan lengkap berikut ini. 

Kandungan Nutrisi Buah Pisang
Buah pisang adalah salah satu tanamanan yang dibudidayakan dan mudah tumbuh di daerah beriklim panas serta lembab seperti Asia Tenggara, Afrika, Amerika Selatan dan Kepulauan Pasifik. Itulah sebabnya buah kuning bercita rasa manis ini tumbuh subur dan mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman buah pisang memiliki karakteristik berdaun memanjang dan besar serta buahnya tersusun tandan serta disebut banana dalam bahasa Inggris.

Kandungan buah pisang terdiri dari Vitamin A, C, D, E, K serta vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan beragam vitamin lainnya. Tidak cukup sampai disitu buah pisang juga mengandung 89 kal kalori, 22,9 gram karbohidrat, 1,1 gram protein, 12,2 gram gula, 2,6 gram serat, 0,3 gram lemak, 5 miligram kalsium, 0,26 miligram zat besi, 22 miligram fosfor, 1 miligram sodium dan beragam nutrisi lainnya. Cukup lengkap bukan? Itulah sebabnya ketika malas memilih menu sarapan buah pisang bisa dijadikan pilihan untuk menganjal perut kamu yang lapar.

Manfaat Buah Pisanh2
Seperti halnya yang kita ketahui buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Untuk itu tidak heran buah berwarna kuning yang disukai banyak orang ini memiliki banyak manfaat. Manfaat buah pisang diantaranya,

  • Sebagai Sumber Energi
    Seperti halnya yang kita tahu, kandungan nutrisi dalam buah pisang cukup lengkap. Ketika mengkonsumsi 2 buah pisang saja di pagi hari maka kamu bisa mendapatkan energi setara untuk berjalan kaki satu setengah jam? Jadi, recommended banget dijadikan menu sarapan bagi kamu yang sedang diet.
  • Menyehatkan Saluran Pencernaan
    Selain sebagai sumber energi, buah pisang juga bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan.  Kandungan serat pektin dan pati resisten di dalamnya dapat membantu pertumbuhan bakter baik sehingga membantu sistem pencernaan menjadi lancar. Tidak hanya itu, mengkonsumsi buah pisang juga akan membantu menghindari pengerasan feses yang menjadi awal terjadinya sembelit.
  • Menjaga Kesehatan Mata
    Manfaat buah pisang juga bisa kita rasakan untuk membantu kesehatan mata. Dimana kandungan antioksidan dan karotenoid dapat membantu meningkatkan kesehatan mata sekaligus mencegah rabun senja dan glaukoma.
  • Menjaga Kesehatan Kulit
    Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan mata dan sumber energi, manfaat lain dari buah pisang adalah memelihara kesehatan kulit. Dimana kandungan piridoksin (vitamin B6) akan membantu menyembuhkan berbagai masalah, mulai dari kulit kering, jerawat, ketombe dan berbagai permasalah kulit lainnya.
  • Sumber Antioksidan
    Tidak cukup hanya sebagai sumber energi dan menjaga kesehatan mata maupun kulit, manfaat buah pisang juga berfungsi sebagai sumber antioksidan. Kandungan dopamin dan katekin akan membantu menangkal radikal bebas serta mengurangi resiko penyakit jantung.
  • Meningkatkan Konsentrasi Otak
    Kandungan kalium dalam buah pisang juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi serta membuat otak maupun saraf berfungsi dengan maksimal. Dimana kandungan lain seperti magnesium dalam buah pisang akan membantu mengirimkan sinyal di antara otak dan tubuh sebagai penjaga reseptor yang akan meningkatkan daya ingat.

Bagaimana, sangat beragam bukan kandungan dan manfaat buah pisang untuk tubuh? Namun meskipun terkenal memiliki segudang manfaat kamu juga perlu hati-hati ketika mengkonsumsi buah kuning bercita rasa manis satu ini. Terlebih bagi kamu yg sedang mengkonsumsi obat jenis beta-blockers. Karena kandungan kalium dalam buah tersebut dapat berpotensi memberikan efek negatif dari obat tersebut. 

Selain itu, bagi kamu yang memiliki penyakit gagal ginjal juga harus berhati-hati ketika mengkonsumsi buah satu ini. Karena ketika ginjal tidak bisa mengeluarkan kalium berlebih dalam darah akan berakibat fatal untuk kesehatan tubuh.

Cara Mengkonsumsi Pisang Secara Sehat

Ketika kamu ingin mendapatkan segudang manfaat buah pisang, usahakan untuk mengkonsumsi pisang yang sudah matang secara langsung. Tidak hanya itu, usahakan ketika membuatnya menjadi hidangan lain, jangan menjadikannya pisang goreng. Karena ketika kalian menjadikan sebagai jajanan pisang goreng, akan beresiko menghilangkan kandungan nutrisi dan meningkatkan kadar lemak jenuh penyebab kolesterol tinggi, obesitas, diabetes dan beragam penyakit lainnya. Lebih baik kamu menjadikannya sebagai smoothie ataupun jus agar nutrisi dalam buah pisang tetap terjaga. 

Itulah kandungan nutrisi buah pisang dan manfaatnya. Jadi, ketika kamu tertarik untuk mengkonsumsi buah pisang sebagai makanan sarapan ataupun makan malam, usahakan mengkombinasikannya dengan buah lain agar semakin sehat. Untuk itu, sudahkah kamu mengkonsumsi buah pisang di minggu ini?

Artikel dalam Serial ini: Mengkilapkan Furniture Kayu
Tips Lainnya :   Mengkilapkan Furniture Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.