Manfaat Ampas Daun Teh Untuk Rumah Dan Tanaman

Bagi yang suka minum seduh, pastilah setiap menyeduh teh akan menghasilkan ampas daun teh. Ampas daun teh yang kerap kita anggap sebagai sampah belaka ternyata memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Artikel ini akan merangkum berbagai manfaat dari ampas daun teh :

Manfaat Ampas Daun Untuk Kebun dan Tanaman

Daun mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menyuburkan tanah dan memberikan nutrisi kepada tanaman. Ampas daun teh bisa menambah asupan nitrogen ke dalam tanah. Selain kandungan nutrisinya, ampas daun teh juga bisa menurunkan PH Tanah, cocok untuk menetralkan kondisi tanah yang PH-nya tinggi.

1. Menyuburkan tanaman

Ampas daun sudah lama digunakan untuk menyuburkan tanaman. Cara penggunaannya mudah, bisa langsung sebarkan ampas daun teh di sekeliling akar tanaman. Sebaiknya ampas daun teh yang disebar itu juga dibenamkan ke dalam tanah agar lebih cepat terurai. Kalau menggunakan teh celup, keluarkan teh dari dalam kantongnya dulu ya.

Tapi bila ampas tehnya cukup banyak, kami sarankan agar ampas dijemur dulu sampai kering baru digunakan sebagai campuran pupuk.

2. Menyuburkan mawar dan anggrek

Tanaman mawar dan anggrek menyukai nutrisi dari ampas daun teh. Untuk Anggrek, ampas daun dapat membantu perkembangan akar anggrek, jadi tidak secara langsung menumbuhkan bunga. Cara penggunaannya sama seperti mawar, dimana cukup menaburkan ampas daun teh yang masih basah atau lembab di area sekitar akar.

Tips Lainnya :   Mendaur Ulang Perlengkapan Dapur

3. Membantu pertumbuhan rumput yang kering mati

Kalau ada bagian rumput di halamanmu yang mati, bisa dicoba cara ini untuk membantu menumbuhkan rumput baru. Kerok dan cabut rumput kering yang sudah mati, dan letakkan ampas daun baru kemudian tanam rumput baru di atas daun teh. Daun teh bisa menjaga kelembaban dan memastikan rumput baru bisa tumbuh.

Manfaat Ampas Untuk Bersih-Bersih Rumah

1. Mengurangi debu beterbangan saat menyapu lantai

Kita bisa mengurangi debu yang berterbangan dengan menggunakan cara memanfaatkan ampas daun teh. Caranya sebagai berikut: Tiriskan ampas daun agar tidak terlalu banyak mengandung air, namun jangan sampai terlalu kering. Sebarkan ampas-ampas daun teh tersebut ke lantai yang akan disapu. Setelah menyebar dengan merata, mulailah menyapu. Debu-debu tidak akan berterbangan karena menempel pada ampas daun teh tersebut.

2. Membersihkan perangkat dan perabot yang terbuat dari kayu

Rendamlah ampas daun atau bila ingin lebih berkhasiat, langsung gunakan daun teh yang masih baru ke dalam air hangat sebanyak 1 liter. Air teh tersebut setelah dingin dapat langsung digunakan untuk membersihkan perabot kayu dengan cara membasahi kain lap, lalu peras sampai kainnya lembab dan seka perabotan kayu sampai bersih. Untuk mengepel lantai kayu pun bisa menggunakan air teh ini. Pastikan bila menggunakan ampas daun teh, tidak dicampur dengan gula ya.

Tips Lainnya :   Pupuk Organik Mudah & Murah

3. Membersihkan Microwave

Caranya mudah. Masukkan mangkuk tahan microwave yang berisi air dan ampas daun teh ke dalam microwave. Panaskan maksimal 5 menit, cukup sampai beruap. Matikan microwave dan keluarkan mangkuk air teh yang panas tersebut. Uap air dan wangi teh yang segar akan menghilangkan bau tidak sedap pada microwave. Setelah itu bagian dalam microwave bisa dilap dengan kain lap bersih hingga kering. Untuk wangi maksimal, saya sering menggunakan teh melati atau teh jasmine sebagai wangi teh favori.

4. Membersihkan karpet

Bila biasanya kita menggunakan baking soda untuk membersihkan dan menghilangkan aroma tidak sedap pada karpet, nah sebenarnya kita juga bisa menggunakan daun teh kering untuk kebutuhan ini. Caranya sama seperti menggunakan baking soda. Yaitu tebarkan rata daun teh kering di permukaan karpet. Biarkan selama 15 menit, lalu gunakan vacuum cleaner untuk menyedot daun teh kering di atas karpet. Karpet akan terasa bersih dan beraroma segar. Bila ingin menggunakan ampas daun teh, tentunya harus dijemur dahulu sampai kering. Karena ampas daun teh yang lembab bisa membuat karpet kita malah jadi ikut lembab.

Tips Lainnya :   Manfaatkan Bahan Bekas untuk Menanam Sayur

5. Menghilangkan bau tak sedap pada sepatu dan kulkas

Karena daun teh kering bisa menyerap kelembaban dan bau di sekitarnya, maka bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap di tempat-tempat yang lembab. Seperti misalnya bau kurang sedap dari dalam sepatu. Masukkan 2 kantung teh kering ke dalam sepatu untuk menyerap bau dari dalam sepatu. Demikian pula untuk di dalam kulkas, bisa kita letakkan beberapa kantung teh kering untuk menyerap aroma kurang sedap yang disebabkan aneka makanan yang disimpan di dalam kulkas.

6. Membersihkan kaca jendela, cermin dan lensa kacamata

Teh celup yang sudah digunakan di dalam kantongnya bisa digunakan untuk membersihkan kaca jendela, cermin bahkan lensa kacamata. Gosokkan saja kantung teh celup yang sudah digunakan dan masih basah ke seluruh permukaan kaca atau cermin. Setelah itu keringkan dengan lap bersih.

Cek Yang Ini:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.