Cara Merawat Menstrual Cup Agar Awet dan Tetap Higienis

tak pelak lagi sudah menjadi alternatif pembalut wanita yang lebih minim sampah dan lebih nyaman digunakan. Walaupun memang dibutuhkan latihan dan ketenangan saat belajar menggunakannya, namun begitu sudah terbiasa maka pengguna menstrual cup umumnya tidak lagi mau menggunakan pembalut wanita.

Kelebihan dibanding Pembalut Wanita

  1. Bisa dipakai ulang dan masa pakainya terhitung sangat lama sampai 10 tahun. Selain irit sampah, tentunya juga irit di dompet.
  2. Apabila sudah terpasang dengan benar, juga menjanjikan pengalaman anti bocor, bahkan kita pun bisa melakukan aktivitas renang di kala haid.
  3. Bila sudah menguasai cara pemasangannya, relatif lebih nyaman karena bebas dari iritasi yang biasa disebabkan oleh pembalut dan tidak terasa apa-apa.
Tips Lainnya :   Efektif Menggunakan Sunblock

pun sudah banyak beredar dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan klaim penggunaan sampai selama 10 tahun, tentunya kita harus mengetahui cara perawatan dan penyimpanannya agar menstrual cup kita memang bisa berusia panjang, dalam kondisi yang selalu prima, dan higienis.

Cara Perawatan

  • Biasakan melakukan sterilisasi di akhir atau di awal periode haid. Di awal periode haid ketika mau digunakan dan diakhir haid ketika selesai digunakan. Sterilisasi dengan cara merebus air sampai mendidih, lalu masukkan selama 5 menit. Angkat dan keringkan sebelum dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan.
  • Jangan mencuci dengan sabun atau sabun apapun yang mengandung minyak karena bisa merusak silikon.
  • Untuk mencuci bisa menggunakan sabun mandi biasa atau miliki sabun khusus pembersih organ intim wanita.
  • Jangan mencuci menstrual cup dengan sabun pembersih pakaian dan juga sabun cuci piring.
  • Jangan menggunakan menstrual cup lebih dari 12 jam dalam sekali pemakaian. Segera keluarkan, buang darah di dalam toilet lalu cuci cup dengan bersih atau sabun mandi/sabun pembersih kewanitaan, kemudian dimasukkan kembali.
  • Simpan di tempat kering dan sejuk.
  • Walaupun menstrual cup harusnya tahan sampai dengan 10-12 tahun. Namun disarankan untuk mengganti menstrual cup apabila sudah berlubang, koyak, atau dirasakan sudah tidak dalam kondisi yang baik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.