Tips Menghemat Air Di Dapur

Ilustrasi:freeimages.com

Selain , juga salah satu tempat yang banyak menghabiskan air, baik itu untuk keperluan memasak atau membersihkan peralatan dan perlengkapan di dapur.

Sejalan dengan niat untuk menghemat air, maka bisa disimak tips-tips untuk anda yang ingin menghemat penggunaan air di dapur :

1. Ketika sedang piring, gosoklah dengan sabut yang dicampur sabun pada semua piring, gelas, sendok, garpu, dan alat dapur kotor lainnya, tanpa membuka keran. Setelah selesai, barulah buka keran jangan terlalu besar dan bilas semua barang hingga bersih.

Tips Lainnya :   Merawat Lantai Kayu (Parquet)

2. Bila memungkinkan sebaiknya menggunakan bak cuci piring ‘double sink'. sink dengan dua bak akan lebih air, sebab air keran tidak mengucur terus saat mencuci. Satu bak digunakan untuk mencuci dengan air sabun yang dicampur air, dan satu baknya lagi untuk tempat membilas. Gunakan satu ember di salah satu bak dan buang air bekas cucian untuk menyiram tanaman atau WC.

3. Bila ada kerak atau kotoran yang membandel pada panci atau wajan, rendamlah dengan air sabun sisa cuci piring yang pertama selama beberapa saat, agar kotoran jadi lebih mudah dibersihkan.

Tips Lainnya :   Membuat Area Resapan Biopori di Taman Mungil

4. Mencuci sayuran dan buah dalam bak berisi air bersih, jauh lebih hemat daripada mencucinya langsung di bawah air pancuran atau air keran.

5. Jangan mencairkan dengan air yang mengalir. Diamkan saja di suhu ruang untuk mencairkannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Lainnya