Thursday, May 6#PakaiMasker #StayAtHome

Cara Membasmi Hama Leaf Miner

Artikel ini bagian 4 dari 6 dalam serial Pestisida Organik

Apakah pernah memperhatikan daun-daun tanaman kita terlihat ada garis-garis putih melintang di daun seperti pada gambar di atas? Leaf Miner yang menyerang daun tanaman kita adalah larva dari penggorok daun. Lalat ini akan meletakkan telurnya di daun, dan larvanya akan masuk ke dalam daun. Bila daun itu dibelah, akan terlihat ada larva seperti ulat kecil-kecil di dalam daun.

Daun Terkena Leaf Miner | img : uwm.edu

Cara Membasmi Lalat Hama Leaf Miner

Untuk membasmi hama leaf miner ini, harus dimulai dengan membasmi lalatnya terlebih dahulu. Cara membasmi lalat penggorok daun ini, pada dasarnya adalah menjebak si lalat ke dalam perangkap yang kita siapkan. Beberapa penjebak lalat yang bisa digunakan atau dibuat sendiri adalah:

1. Yellow trap.

Yellow trap adalah perangkap hama berupa lembaran berwarna kuning berukuran 20x25cm yang sudah diolesi lem di kedua permukaannya. Daya rekat lem berkisar 2 minggu sampai dengan satu bulan. Penggunaannya sangat mudah, tinggal dibuka saja kemasannya dan lembaran yellow trap bisa ditempelkan atau diletakkan dekat dengan tanaman yang ingin dilindungi dari hama. Selain leaf Miner, lainnya yang juga tertarik dengan yellow trap ini adalah Aphid yang bersayap, Thrips, Whiteflies (kutu kebul), Fungus Gnats dan Shoreflies.

Tips Lainnya :   Pupuk Alami Air Akuarium dan Ampas Teh

2. Buat sendiri perangkap dari .

Botol plastik bekas minum yang di dalamnya dimasukkan kertas berwarna kuning. Bagian luar botol bisa dibungkus plastik bening yang diolesi lem yang tidak mudah mengering. Apabila menggunakan lem tikus jangan diletakkan di atas tanaman, karena lem tikus akan meleleh bila terkena panas matahari.

Prinsip botol kuning ini sama dengan kertas yellow trap, dimana lalat akan tertarik dengan warna kuning lalu mendarat di plastik yang ada lemnya dan terjebak lengket di plastik tersebut. Plastik bisa dibuka dan dibuang.

Ilustrasi Botol Kuning Untuk Perangkap Hama Leaf Miner | img: www.tokopedia.com/iamhydro

3. Dengan menggunakan petroganol.

Cairan petroganol bisa dibeli di toko pertanian atau di marketplace. Cara penggunaannya teteskan petroganol di kapas lalu dimasukkan ke dalam botol pastik bekas minum. Lalat akan masuk melalui mulut botol dan tidak bisa keluar dari botol. Setelah seminggu kapas bisa dibuang berikut lalat yang sudah mati.

Cara membasmi Larva Lalat Penggorok Daun (Leaf Miner)

Setelah kita melakukan tindakan pengendalian lalatnya, maka untuk larva daun yang sudah berada di daun dapat dibasmi dengan menggunakan cairan yang biasa kita gunakan untuk kumur-kumur. Takarannya adalah sebagai berikut:

Tips Lainnya :   Cuka Pembasmi Gulma

Campurkan 1 liter air dengan 1 sendok makan cairan kumur-kumur (contoh: listerine) lalu tambahkan 1/2 sendok cuci piring (tanpa kandungan anti bakteri) atau yang lebih alaman dapat menggunakan gel dari tanaman lidah buaya dengan takaran yang sama.

Sabun cuci piring ini hanya berperan sebagai bahan perekat, karena itu penggunaannya cukup sedikit saja. Jangan sampai berlebihan. Bila mengurangi takaran air, maka kurangi juga sabun cuci piringnya.

Lakukan penyemprotan di sore hari setelah jam 4 sore untuk menghindari daun terbakar karena panas sinar matahari dan juga sore menjelang malam adalah saat dimana hama-hama mulai aktif.

Daun-daun yang sudah terkena leaf miner agak parah sebaiknya dipetik saja karena kondisi daun itu sudah tidak bisa diperbaiki. Dan kalau bisa agar tanaman yang belum tertular dijauhkan jaraknya dari tanaman yang sudah terkena leaf miner agar tidak tertular.

Artikel dalam Serial ini: Membuat Pestisida Organik dari Cabe MerahMembuat Pestisida Organik dari Daun Pepaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.