Wednesday, November 25#PakaiMasker #StayAtHome

Cara Menyimpan Ayam Segar di Kulkas

Di saat seperti ini ketika kita tidak bisa sering-sering ke pasar untuk membeli keperluan memasak, maka mau tidak mau kita harus membeli dalam jumlah cukup banyak untuk disimpan sebagai persediaan. Salah satu yang biasanya kita beli untuk persediaan adalah , baik ayam kampung maupun ayam negeri.

Bagaimana cara kita memilih dan menyiapkan ayam tersebut untuk kita simpan sebagai persediaan? Berikut adalah tips-tipsnya :

Cara Memilih Ayam Segar di Pasar

1. Ayam paling segar yang bisa kita dapatkan ada di pasar tradisional, dimana kita bisa memilih ayam hidup sesuai keinginan kita dan dipotong saat itu juga. Mintalah dibersihkan bulunya dan dipotong sesuai ukuran yang kita butuhkan, misalnya potong 8 atau potong 6.

2. Namun bila mendapatkan ayam hidup agak sulit dilakukan, maka kita bisa memilih ayam yang sudah dipotong dan dikemas. Pilihlah ayam yang masih berwarna pink segar dan masih terasa kenyal saat ditekan, dan aromanya tidak tercium bau kurang sedap sedikit pun. Hindari ayam yang berwarna pucat kehijauan atau kebiruan, apalagi kalau sudah tercium bau kurang sedap.

Tips Lainnya :   Kentang Goreng Renyah
Ayam segar berwarna pink | Image from Pixabay

Cara Menyiapkan Ayam Untuk Disimpan

1. Ayam yang baru dibeli apabila belum sempat untuk segera dibersihkan atau diolah, simpan dahulu di dalam . Jangan meletakkan ayam mentah di suhu ruang. Dan bila Anda masih belum bisa mengolahnya dalam waktu dua hari, simpan ayam mentah di dalam freezer, jangan di dalam chiller. Ayam beku yang dikemas tertutup tahan selama satu tahun di dalam freezer.

2. Untuk membersihkan dan menghilangkan bau pada ayam, gosok seluruh permukaan ayam dengan garam. Jangan lupa untuk menggosok bagian dalam rongga perutnya. Sebaiknya gunakan garam kasar, tapi kalau tidak ada gunakan garam apapun yang ada di dapur. Menggosokkan garam ke seluruh ayam selain menghilangkan bau kurang sedap, juga akan menghilangkan lendir dan lapisan kulit mati. Khusus untuk ayam negeri yang dibeli sudah dalam potongan, remas-remas dengan air jeruk nipis dicampur garam untuk membersihkan dan menghilangkan lendirnya.

3. Ayam yang sudah beku apabila ingin diolah, sebaiknya diturunkan dari freezer ke dalam chiller, agar ayam beku tidak perlu dilunakkan di luar ruangan terlalu lama. Untuk ayam utuh butuh waktu 24 jam untuk melunak di dalam chiller. Sementara potongan ayam butuh minimal 3 jam untuk melunak di dalam chiller.

Tips Lainnya :   Penambah Nikmat Aroma Nasi

4. Jika sedang terburu-buru harus melunakkan ayam beku, rendam ayam beku di dalam air dingin dan pastikan ayam beku tersebut masih berada dalam bungkus yang rapat sehingga air rendaman tidak mengenai ayam beku.

5. Dan jangan lupa untuk selalu mencuci semua perlengkapan dapur yang terkena kontak langsung dengan ayam, serta semprot meja dapur setelah terkena kontak dengan ayam menggunakan desinfektan alami yaitu campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:1 untuk menghindari kontaminasi bakteri dan kuman yang mungkin ada di ayam yang baru kita beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.