Air Garam Pembersih Sisa Pestisida

Salad | Img:freeimages.com

Banyak diantara kita yang menyukai salad, gado-gado, atau kredok. Menu makanan ini biasanya memakai sayuran segar dan tanpa dimasak lebih dulu. Beberapa jenis sayuran seperti selada, lettuce, mentimun, biasanya kita konsumsi dalam salad tanpa dimasak lagi. Tapi terkadang sayuran tersebut sangat mungkin sudah terkontaminasi pestisida. Namun jangan khawatir, sebab air bisa menjadi sisa pestisida.

Dalam menu gado-gado dan kredok, kita bahkan memiliki lebih banyak jenis sayuran yang kita konsumsi tanpa dimasak dengan matang, seperti kacang panjang, labu, toge, dan kol. Jadi, bagaimana cara kita untuk membersihkan sisa yang masih ada?

Pertama, Cuci bersih semua sayuran dalam air yang mengalir.

Penting untuk dibawah air yang mengalir, agar kotoran yang melekat atau mungkin ada ulat kecil diantara sayuran. Kotoran dan ulat ini akan keluar karena adanya kucuran air.

Kedua, Rendam semua sayuran tadi dalam air selama kurang lebih 10 menit. Dengan direndam air garam ini, ulat kecil yang mungkin masih bersembunyi di lipatan-lipatan daun akan mati dan daun akan lebih bersih.

Keuntungan lainnya larutan air ini juga akan mengurangi sisa yang ada dan sayur juga akan terasa lebih renyah dan tidak lekas layu.

Selain untuk membersihkan sayuran, kasar juga bisa digunakan untuk membersihkan kulit buah-buahan seperti buah jeruk. Caranya dengan menggosokkan garam kasar ke seluruh kulit buah lalu dicuci bersih. Dengan digosok garam kasar, maka kulit buah jeruk akan lebih bersih dan memberikan rasa aman untuk dikonsumsi misalnya untuk kebutuhkan infused water.

Cek Yang Ini:

You Might Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.